Mengembangkan argumen analitis adalah salah satu keterampilan yang paling berguna untuk dipelajari di sekolah dan di universitas. Ini membantu dalam karir profesional Anda, ketika membuat keputusan pribadi, dan hanya menavigasi kehidupan. Kami menganalisis hal-hal sepanjang waktu setiap hari, tetapi mempelajari cara menulis makalah analitik memformalkan proses dan menciptakan template mental untuk diikuti. Pada artikel ini, Anda akan belajar apa itu esai analitik, bagaimana memilih topik yang baik, menerima petunjuk langkah demi langkah untuk setiap paragraf, dan mendapatkan tips bermanfaat lainnya.

Apa itu esai analitis?

Salah satu tugas perguruan tinggi yang paling umum, esai analitik meminta Anda untuk menganalisis topik tertentu dengan hati-hati. Topik ini dapat berkisar dari peristiwa saat ini, film, buku, berita, periode dalam sejarah, atau apa pun yang memerlukan pemahaman lebih lanjut. Esai analitik membuktikan titik menggunakan klaim yang didukung oleh bukti. Mereka tidak menggunakan banding emosional dan anekdot pribadi, melainkan mereka membangun argumen analitis menggunakan logika dan fakta. Tidak seperti esai persuasif di mana Anda hanya perlu menganalisis satu sisi masalah, ketika menulis esai analitis kedua belah pihak harus dipahami dan disajikan. Pada akhirnya, Anda harus mencakup sudut pandang pribadi Anda apakah Anda setuju atau tidak setuju dengan apa yang Anda analisis.

Outline Esai Analitik

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah format esai analitik. Esai analitik biasanya antara 500 dan 1.000 kata, yang berarti dapat mengikuti klasik lima paragraf Format esai dengan paragraf Pendahuluan, tiga paragraf tubuh, dan paragraf kesimpulan. Jika Anda perlu menulis analisis yang lebih panjang atau lebih rinci, Anda dapat memperluas jumlah paragraf tubuh. Mengembangkan dan Garis besar berguna untuk merencanakan esai akhirnya dan mendapatkan ikhtisar struktur. Banyak orang yang bilang membuat garis besar tetapi itu sepadan karena waktu yang Anda habiskan untuk membantu memandu penelitian Anda dan membuat penulisan esai yang sebenarnya memakan waktu lebih sedikit. Mari kita lihat garis besar esai analitik yang khas.

  • pengantar
  • Kait
  • Informasi latar belakang
  • Pernyataan tesis
  • Tubuh paragraf 1.
  • Kalimat Topik
  • Bukti pendukung
  • Transisi ke paragraf tubuh ke
  • Tubuh paragraf 2.
  • Kalimat Topik
  • Bukti pendukung
  • Transisi ke Paragraf Tubuh 3
  • Tubuh paragraf 3.
  • Kalimat Topik
  • Bukti pendukung
  • Transisi ke kesimpulan
  • Kesimpulan
  • Ringkasan poin utama
  • Jalankan kembali tesis
  • Key takeaways..
Struktur Garis Besar Esai Analitik

Pendahuluan Esai Analitik

Menulis pengantar untuk makalah analitik tidak berbeda dengan menulis pengantar untuk jenis esai lainnya. Pendahuluan adalah hal pertama yang dibaca seseorang sehingga penting bagi keduanya melibatkan pembaca serta memastikan mereka memahami apa sebenarnya makalah itu. Pendahuluan yang baik memberikan informasi latar belakang, dengan jelas menyatakan apa tujuan makalah itu, dan mengisyaratkan klaim yang akan Anda buat.

Kalimat pertama harus menjadi kait. Ini berarti bahwa itu harus menangkap perhatian pembaca dan memaksa mereka untuk membaca sisa esai. Sebuah kait bisa menjadi fakta yang aneh, lelucon, pertanyaan menarik, pada dasarnya apa pun yang terhubung dengan topik Anda dan juga menarik.

Selanjutnya, Anda perlu memberikan informasi latar belakang tentang topik yang Anda analisis. Jika itu adalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain seperti buku atau film maka ini adalah tempat Anda memberikan judul, tahun rilis, nama sutradara / penulis, dll. Jika itu adalah subjek akademik atau konsep abstrak maka Di sinilah Anda memberikan latar belakang singkat sehingga audiens mendapat pemahaman tentang topik tersebut.

Selanjutnya, Anda perlu menyatakan tesis Anda dengan jelas. Pernyataan tesis pada dasarnya adalah tujuan utama esai Anda. Ini adalah satu atau dua kalimat yang dengan jelas mengidentifikasi masalah yang akan Anda analisis, petunjuk pada klaim yang Anda coba buat, dan nyatakan pendapat Anda jika Anda memilikinya.


Pernyataan tesis

Datang dengan pernyataan tesis yang baik adalah salah satu tantangan terbesar dari segala jenis penulisan esai. Pernyataan tesis dengan jelas menyatakan tujuan esai Anda dalam satu atau dua kalimat. Pernyataan tesis yang baik memberi pembaca pemahaman tentang apa itu esai. Untuk esai analitik, pernyataan tesis menyajikan secara khusus apa yang Anda analisis dan kesimpulan yang Anda gambar.

Setiap paragraf tubuh harus menyajikan bukti yang mencadangkan klaim yang Anda lakukan dalam pernyataan tesis Anda, jadi datang dengan tesis yang jelas dan spesifik sangat penting ketika menulis esai analitik. Pernyataan tesis yang terlalu luas bisa sulit dibuktikan dalam esai analitik yang mengapa perlu spesifik. Mari kita lihat pernyataan tesis berikut:

Perubahan iklim adalah salah satu masalah terbesar di dunia saat ini.

Video game akan lebih penting di masa depan.

Televisi realitas buruk bagi remaja.

Topik yang dianalisis menarik tetapi pernyataan tesis terlalu luas untuk dicakup hanya dalam satu esai. Tepat bagaimana topik-topik akan dianalisis tidak disebutkan, meninggalkan pembaca tanpa tahu bagaimana Anda akan mendekati masalah ini. Berikut ini adalah versi yang lebih baik dari pernyataan tesis ini.

Aktivisme kaum muda adalah salah satu kekuatan pendorong dalam debat perubahan iklim dan mempengaruhi perubahan kebijakan pemerintah.

Gamifikasi pendidikan membuat video game penting untuk masa depan kemanusiaan.

Versi salah realitas yang diungkapkan dalam acara televisi realitas berdampak negatif pada harga diri remaja.

Pernyataan tesis ini menganalisis topik utama perubahan iklim, video game, dan realitas, tetapi mereka fokus pada elemen tertentu dan memasukkan pendapat. Ini memberikan ke arah kertas dan memberi tahu pembaca persis apa sebenarnya kertas itu. Mereka selanjutnya dengan jelas mengidentifikasi cara topik akan dianalisis dan dapat membantu Anda menyajikan bukti spesifik dalam paragraf tubuh.


Badan esai analitik

Dalam struktur lima paragraf, ada tiga paragraf tubuh, tetapi dalam esai analitik, Anda mungkin memiliki lebih banyak. Paragraf tubuh mengandung daging esai Anda, bukti yang mendukung pernyataan tesis Anda. Setiap paragraf tubuh harus membahas klaim atau bukti tertentu dan mengikuti format tertentu.

  • Kalimat topik yang dengan jelas menyatakan arah analisis untuk paragraf
  • Potongan utama bukti untuk klaim Anda
  • Informasi pendukung
  • Transisi ke paragraf berikutnya

Kalimat pertama dari paragraf tubuh Anda harus memberi pembaca ide tentang masalah spesifik yang akan dibicarakan para paragraf. Misalnya, jika esai adalah tentang gamifikasi pendidikan, kalimat topik untuk paragraf tubuh pertama dapat "permainan video edukasi sedang digunakan di banyak negara dunia ketiga untuk membantu anak-anak yang tidak dapat mengakses sistem sekolah standar". Kalimat topik ini jelas menjelaskan apa yang akan dilakukan paragraf dan memungkinkan Anda untuk memberikan bukti faktual.

Kalimat topik yang baik membantu pembaca melacak dan menyusun aliran kertas analisis Anda. Bayangkan bercakap-cakap dengan seorang teman tentang topik. Potongan utama dukungan yang Anda buat untuk klaim Anda adalah kalimat topik.

Sisa paragraf tubuh termasuk informasi faktual yang membuktikan validitas kalimat topik Anda. Setiap paragraf tubuh harus berbicara tentang hanya satu masalah, jadi pastikan bukti yang Anda berikan hanya terkait dengan klaim spesifik yang Anda lakukan dalam paragraf itu. Ini bisa menggoda untuk memberikan bukti sebanyak mungkin, tetapi makalah analitis yang terlalu padat dengan informasi dapat sulit dibaca dan dipahami, jadi hanya menyebutkan fakta dan angka yang paling penting.

Akhiri setiap paragraf tubuh dengan penyajian ulang singkat kalimat topik, menekankan bagaimana bukti yang telah Anda sampaikan kembali klaim. Ini adalah cara yang bagus untuk bertransisi ke paragraf tubuh berikutnya yang berisi bukti dan analisis yang berbeda dari sudut pandang yang berbeda. Ringkasan satu kalimat atau jenis pernyataan transisi lainnya membantu esai mengalir lebih baik dan membangun argumen keseluruhan yang lebih meyakinkan.


Kesimpulan Esai Analitik

Kesimpulan dari esai analisis menyatakan kembali semua poin utama dengan cara yang ringkas. Ini bukan tempat untuk menambah informasi baru atau menyediakan poin analisis baru, melainkan ringkasan esai yang disajikan dengan cara untuk membuat tujuan utama jelas. Secara umum, ini adalah format paragraf kesimpulan untuk kertas analisis.

  • Jalankan kembali tesis
  • Ringkas kalimat topik utama
  • Berikan bukti kunci
  • Pikiran penulis tentang kemungkinan analisis lebih lanjut

Jika seseorang dapat memahami tujuan makalah Anda hanya dengan membaca kesimpulan maka Anda telah menulis paragraf kesimpulan yang baik. Dengan menyatakan kembali tesis Anda pada awalnya, Anda mengingatkan pembaca tujuan utama esai Anda. Setelah melalui tiga paragraf tubuh, ini penting sehingga pembaca membuat koneksi antara bukti yang disajikan dan pernyataan tesis.

Ikuti ini dengan ringkasan singkat klaim utama dan analisis di setiap paragraf tubuh. Karena Anda telah mempresentasikan bukti yang mencadangkan klaim, ulangi hukuman topik utama dan menyusun argumen yang meyakinkan untuk poin Anda. Pastikan Anda tidak memasukkan bukti baru atau titik analisis pada kesimpulan karena ini mungkin membingungkan pembaca. Paragraf kesimpulan hanya merujuk dan merangkum informasi. Jika Anda memiliki titik analisis baru, tambahkan paragraf tubuh baru.

Akhirnya, akhiri paragraf kesimpulan dengan beberapa pikiran Anda sendiri. Jelaskan mengapa topik itu penting, mengapa perspektif Anda menambah informasi baru, bagaimana analisis Anda membandingkan dengan para ahli di lapangan, dll.

Jangan merasa ingin menulis Esai analitik?

Kami di sini untuk membantu. Kirimkan persyaratan tugas Anda, pilih seorang penulis, dan saksikan saat mereka menulis makalah Anda.

Tulis esai saya untuk saya


Langkah-langkah untuk cara menulis esai analitik

Sebelum Anda benar-benar mulai menulis esai analitik, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat prosesnya lebih mudah. Semakin banyak pekerjaan persiapan yang Anda lakukan sebelumnya, semakin mudah tulisannya akan pergi dan esai akan memiliki aliran dan struktur yang lebih baik secara keseluruhan. Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil sebelum Anda mulai menulis.

  • Brainstorming berbagai ide topik
  • Teliti beberapa topik yang Anda suka
  • Pilih topik yang Anda suka yang memiliki informasi yang cukup untuk mencadangkan klaim Anda
  • Datang dengan pernyataan tesis untuk membantu mengarahkan penelitian Anda
  • Membuat garis besar

Mungkin menggoda untuk memilih topik pertama yang muncul di kepala Anda, tetapi memilih topik yang tepat adalah salah satu aspek paling penting dari penulisan analitis.

Setelah Anda memiliki beberapa ide topik yang berbeda, lakukan penelitian singkat tentang mereka untuk melihat apakah Anda benar-benar menemukan mereka menarik dan jika ada informasi yang cukup bagi Anda untuk menulis esai yang meyakinkan.

Sekarang Anda memiliki topik dan mengetahui beberapa informasi tentang hal itu Anda harus datang dengan pernyataan tesis sehingga Anda memiliki pertanyaan ketika melakukan penelitian mendalam untuk menemukan bukti untuk mendukung klaim Anda.

Mencatat saat melakukan penelitian dan menempatkan mereka dalam garis besar sehingga Anda dapat dengan mudah memulihkan informasi saat menulis esai Anda dan Anda mendapatkan gambaran tentang aliran keseluruhan. Garis besar membantu mengumpulkan informasi serta membangun argumen yang meyakinkan.

Pilih topik

Hal yang baik tentang topik esai analitik adalah bahwa apa pun dapat dianalisis sehingga apa pun bisa menjadi topik. Berita buruknya adalah dengan begitu banyak opsi itu bisa menantang untuk menemukan yang sebenarnya layak dianalisis. Hal pertama yang pertama, jika guru Anda telah menetapkan daftar topik untuk dipilih, lihat daftar dan pilih yang menurut Anda menarik. Jika guru Anda telah menetapkan daftar opsi maka tugas Anda untuk menjelajahi salah satu topik dengan cara yang unik dan menarik. Jika Anda dapat memilih topik apa pun yang Anda inginkan, lanjutkan daftar topik potensial dan lakukan penelitian singkat untuk mempersempitnya menjadi hanya dua atau tiga. Topik yang Anda pilih harus didasarkan pada beberapa hal:

  • Jika Anda benar-benar tertarik pada topik itu akan membuat penelitian dan penulisan lebih menyenangkan
  • Topik harus memiliki penelitian yang cukup bagi Anda untuk mendukung klaim Anda
  • Topiknya tidak terlalu luas sehingga Anda tidak dapat sepenuhnya mengeksplorasi dalam satu esai
  • Coba dan temukan cara unik untuk mendekati topik

Selamat, Anda baru saja menyelesaikan langkah pertama dari cara menulis esai analitik!

Langkah-langkah untuk Memilih Topik Esai Analitik

Tulis pernyataan tesis analitis

Sekarang Anda memiliki topik dalam pikiran dan telah melakukan penelitian yang memadai tantangan Anda berikutnya ketika menulis esai analitis adalah untuk datang dengan tesis penyataan. Pernyataan tesis adalah satu atau dua kalimat menjelang akhir paragraf pengantar yang dengan jelas menyatakan tujuan esai. Pernyataan tesis mengarahkan seluruh esai dan memberi tahu pembaca apa yang diharapkan. Mengapa menulis pernyataan tesis begitu awal? Karena datang dengan pernyataan tesis lebih awal akan membantu mengarahkan penelitian Anda. Tidak hanya ini menghemat waktu, tetapi juga membantu menyusun esai dan argumen dalam pikiran Anda saat Anda menemukan informasi baru.

Pernyataan tesis yang baik dengan jelas menyatakan topik spesifik yang akan Anda bicarakan, apa sebenarnya yang Anda analisis, dan termasuk pendapat Anda. Misalnya, pernyataan tesis "Gamifikasi pendidikan membuat video game penting untuk masa depan kemanusiaan", dengan jelas memberi tahu audiens esai akan tentang video game dan dampaknya pada pendidikan.

Atur tubuh esai Anda

Paragraf tubuh adalah tempat dalam makalah analisis di mana Anda memberikan bukti untuk menunjukkan pembaca bahwa temuan Anda valid. Setiap paragraf tubuh harus dimulai dengan kalimat topik yang jelas yang menggambarkan apa yang akan dibahas dalam paragraf itu. Setiap paragraf tubuh hanya harus berbicara tentang satu titik analisis atau bukti tertentu. Setiap paragraf tubuh harus menyoroti sepotong bukti yang mencadangkan tesis asli Anda. Atur paragraf tubuh Anda dengan cara yang membangun argumen dari berbagai sudut pandang sambil memastikan bahwa ada aliran yang baik dan setiap argumen individu mudah dimengerti.

Melakukan penelitian

Sekarang Anda memiliki pernyataan tesis dan memahami seluruh struktur paragraf tubuh, inilah saatnya untuk benar-benar menemukan informasi yang Anda butuhkan untuk mencadangkan analisis Anda. Teliti topik Anda secara menyeluruh sambil berfokus pada informasi yang terkait dengan tesis Anda. Buat daftar informasi yang mendukung klaim Anda dan periksa apakah sumbernya dapat diandalkan atau tidak. Pilih tiga atau empat informasi yang paling relevan yang mencadangkan klaim Anda dan melakukan penelitian lebih lanjut tentang informasi itu khususnya. Isi informasi yang relevan ke dalam garis besar dan rekam di mana Anda menemukan informasi. Melakukan penelitian ketika menulis esai analitik tidak harus memakan waktu lama atau membosankan, itu bisa menyenangkan jika Anda menikmati topik dan melakukan penelitian yang diarahkan dengan baik.

Gunakan bukti secara efektif

Untuk esai analitik untuk meyakinkan itu membutuhkan fakta, tetapi menyajikan fakta-fakta dengan cara robot tidak persuasif atau menarik. Gunakan bukti dan informasi yang Anda temukan dalam penelitian Anda tetapi kerajinan cerita di sekitarnya. Anda dapat menyatakan statistik seperti "30% anak-anak di negara-negara dunia ketiga menggunakan aplikasi pendidikan atau mengatakan" 30% anak-anak di negara-negara berkembang tanpa akses ke pendidikan formal sekarang menggunakan aplikasi pendidikan untuk mendapatkan gelar sekolah tinggi dan menarik keluarga mereka dari kemiskinan " .

Gunakan pendapat yang kontras.

Tampaknya kontraproduktif untuk memasukkan pendapat yang tidak setuju dengan pendapat Anda ke dalam kertas analitis Anda, tetapi merupakan cara yang bagus untuk membangun argumen yang meyakinkan dalam makalah analisis. Temukan pendapat kontras terkuat dan buat paragraf tubuh di mana Anda menjelaskan mengapa sudut pandang itu salah menggunakan bukti. Ini membangun argumen yang kuat karena menunjukkan bahwa Anda telah mempertimbangkan sudut pandang yang berlawanan, dan dengan merusak yang terkuat, Anda memperkuat argumen Anda.

Tulis ringkasan yang efektif

Paragraf kesimpulan pada dasarnya adalah ringkasan dari semua poin utama esai. Kesimpulan yang ditulis dengan baik menceritakan elemen-elemen paling penting dari esai hanya dalam beberapa kalimat. Anda dapat melakukan ini dengan menyatakan kembali tesis untuk mengingatkan pembaca tentang tujuan esai, dan kemudian menyatakan kembali kalimat topik dari setiap paragraf tubuh untuk merangkum bukti terkuat dari klaim Anda. Akhirnya, dalam satu atau dua kalimat menjelaskan mengapa topik itu penting dan bagaimana analisis Anda unik.

Hanya beberapa hal lagi dan Anda akan tahu cara menulis esai analisis!

Jika Anda memerlukan bantuan dengan langkah-langkah di atas

Jangan ragu untuk menggunakan kami Penulis esai untuk Anda.

Dapatkan bantuan sekarang

Topik esai analitik

Seperti disebutkan di atas, menemukan topik yang tepat sangat penting dalam hal menjawab pertanyaan tentang cara menulis esai analitik. Itulah sebabnya kami memiliki bagian ini dikhususkan sepenuhnya untuk itu. Ingat bahwa topik yang bagus:

  • Adalah sesuatu yang biasanya Anda temukan menarik
  • Harus menarik perhatian pembaca
  • Seharusnya tidak terlalu luas
  • Membutuhkan penelitian kualitas yang cukup untuk menyajikan bukti
  • Mengajukan pertanyaan yang penting

Menemukan topik yang baik untuk kertas analitis tidak mudah, tetapi pastikan Anda menghabiskan cukup waktu menentukan sesuatu yang memenuhi kriteria. Topik yang baik adalah perbedaan antara menikmati proses penulisan dan mendapatkan nilai yang baik, atau menemukan tugas dan mendapatkan nilai buruk.

Berikut adalah daftar topik esai analitik yang baik untuk membantu Anda memulai.

Topik tentang Psikologi.

  • Apa yang memenuhi syarat sebagai gangguan mental?
  • Mengapa lebih banyak orang muda merasa kesepian?
  • Apa efek dari penguncian pada kesehatan mental?
  • Apakah kebahagiaan ilusi?
  • Apa metode yang efektif untuk mengatasi depresi?

Topik tentang budaya pop

  • Mengapa dota adalah permainan yang sempurna
  • Apa dampak dari Marvel Cinematic Universe?
  • Analisis sejarah fiksi ilmiah
  • Mengapa kosong adalah genre musik terbaik
  • Naik dan Jatuhnya Kanye West

Topik tentang seni dan sejarah

  • Bagaimana Perang Dunia II masih memengaruhi kita?
  • Analisis seni postmodern.
  • Apakah semua jenius seniman?
  • Apa pengaruh Renaissance?
  • Apa pelajaran dari perang?

Contoh esai analitik

Saya berasumsi Anda akan menggunakan contoh-contoh yang sudah ada di situs web