Jika Anda seorang siswa, kemungkinan Anda akan menghadapi tugas seperti itu dengan satu atau lain cara, karena merupakan jenis umum dari tugas akademik yang ditugaskan di sekolah, perguruan tinggi, dan universitas.

Mampu menggambarkan hidup Anda di atas kertas memiliki lebih dari yang terlihat. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan diri Anda dan belajar bagaimana memperkenalkan diri kepada orang lain, yang akan berguna di banyak bidang hidup Anda. Juga, itu akan berguna jika Anda seorang penulis. Seringkali, penulis buku, artikel, puisi, dan publikasi lain perlu mempublikasikan otobiografi mereka sendiri untuk membiarkan dunia mengenal mereka.

Butuh bantuan dengan menulis Autobiografi?

Yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan bantuan profesional adalah untuk kami mengirim persyaratan kertas Anda dan mengatur batas waktu.

Tulis makalah saya untuk saya

Meskipun menulis otobiografi yang baik mungkin tampak sulit, itu hanya sulit ketika Anda tidak tahu langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menangani tugas. Dalam posting ini, kami telah mengumpulkan langkah-langkah utama, aturan, contoh, dan tips yang akan memandu Anda melalui proses penulisan. Pada akhir blog ini, Anda akan dapat membuat bagian yang sempurna tentang diri Anda. Mari selami!

Apa itu autobiografi

Sebelum kita dapat beralih ke tips menulis kita, penting untuk mendefinisikan apa itu otobiografi dan menentukan jenisnya yang berbeda. Singkatnya, autobiografi adalah bagian yang ditulis sendiri yang mencerminkan garis waktu kehidupan penulis. Potongan seperti itu ditulis dalam bentuk naratif, dan dapat melayani beberapa tujuan - tergantung pada jenis penulisan tertentu.

Secara umum, ada empat jenis penulisan otobiografi:

  • Autobiografi - Ini adalah cerita yang panjang dan penuh tentang kehidupan penulis. Jenis penulisan ini mencakup segalanya sejak lahir hingga saat ini. Seringkali, tujuan penulisan otobiografi adalah: untuk berbagi jalan hidup seseorang dengan audiens yang luas, untuk meninggalkan tanda Anda, untuk mendamaikan masa lalu, atau untuk membuat ingatan Anda terakhir.
  • Esai otobiografi untuk perguruan tinggi - Jenis penulisan otobiografi ini biasanya diajukan bersama dengan sisa paket penerimaan Anda. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memperkenalkan diri kepada petugas penerimaan dan meyakinkan mereka bahwa Anda benar cocok untuk fasilitas pendidikan mereka.
  • Memoar. - Memoar mirip dengan otobiografi dengan perbedaan tunggal - mereka tidak harus menutupi seluruh hidup seseorang. Sebaliknya, dalam memoar, Anda dapat mempersempit fokus Anda ke acara yang paling menarik dan penting.
  • Esai pribadi - Ini adalah jenis penulisan otobiografi terakhir dan terpendek. Sederhananya, itu hanya esai tentang diri Anda. Tidak seperti jenis esai lainnya, yang satu ini lebih intim dan emosional; Ini mengharuskan Anda untuk berbagi pengalaman pribadi. Sebagai aturan, makalah semacam itu berfokus pada satu peristiwa tertentu, periode waktu, seseorang, dll. Ini adalah jenis tugas akademik yang umum di sekolah dan perguruan tinggi.

Ini adalah jenis dasar penulisan otobiografi. Masing-masing dari mereka memiliki sifat individu dan karenanya, mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan fokus secara khusus untuk menulis esai pribadi atau otobiografi yang baik.

Struktur Esai Autobiografi

Meskipun struktur teks Anda pasti akan tergantung pada jenis penulisan otobiografi yang dipilih, ada beberapa prinsip dasar untuk diingat. Mirip dengan jenis esai lainnya, yang secara otobiografi harus terdiri dari tiga blok utama:

Intro.

Pengenalan teks mana pun memiliki tiga tujuan utama: untuk memperkenalkan pembaca untuk topik teks Anda, untuk menyajikan ide inti Anda, dan untuk mengarahkan perhatian pembaca (mis., Membuat mereka ingin membaca lebih lanjut). Bagian teks Anda ini harus ringkas dan langsung ke titik. Sebagai aturan, intro harus antara satu hingga tiga kalimat.

Cara yang baik untuk menggunakan intro dalam otobiografi Anda adalah menguraikan potret umum Anda dan untuk membuat pernyataan yang menarik yang akan mendorong pembaca untuk melanjutkan membaca.

Tubuh

Tubuh teks Anda adalah bagian utama dan terbesar, yang pada dasarnya menceritakan kisah Anda. Berbeda dengan intro atau kesimpulan, tubuh tidak memiliki persyaratan spesifik dalam hal panjang. Anda dapat membuatnya selama Anda perlu mengungkap peristiwa utama hidup Anda. Satu-satunya aturan yang berlaku untuk bagian teks Anda ini adalah bahwa itu harus:

  • Terstruktur dengan baik - Setiap paragraf harus fokus pada peristiwa tertentu atau periode waktu;
  • Bersih - Pastikan teks Anda mudah dibaca dan dipahami;
  • Logis - Karena Anda sedang menulis otobiografi, sangat penting untuk menyajikan fakta dalam urutan logis, dan dengan transisi yang lancar antara setiap paragraf.
Kesimpulan

Pendahuluan adalah apa yang membuat orang tertarik pada kisah Anda dan melibatkan mereka untuk membaca semuanya, tetapi kesimpulannya adalah apa yang membuat kesan abadi - karena itu Anda ingin membuatnya kuat. Kesimpulan otobiografi Anda adalah tempat yang tepat untuk menilai hidup Anda, menilai pelajaran yang telah Anda pelajari, dan menyatakan bagaimana mereka membawa Anda ke tempat Anda sekarang. Seperti intro Anda, kesimpulan Anda seharusnya tidak terlalu lama. Jaga agar tetap jelas dan ringkas.

Judul Halaman

Bagian penting dari penulisan makalah yang hebat adalah membuat halaman judul yang tepat. Sama seperti memilih font dan ukuran font, persyaratan halaman judul dapat bervariasi berdasarkan standar institusi yang Anda tulis. Namun, ada beberapa aturan yang biasa ditetapkan dalam hal membuat halaman judul. Informasi berikut biasanya terjadi pada halaman judul:

  • Judul
  • Pengarang
  • Nomor telepon Anda
  • Surel
  • Alamat
  • Tanggal pembuatan
  • Kelas Anda menulis ini untuk (opsional)

Judul dan bagian penulis harus selalu terpisah dari informasi kontak dan sisanya. Biasanya terletak di tengah kertas sementara sisa info masuk ke sudut kanan bawah.

Ini adalah templat otobiografi perkiraan. Di bagian-bagian berikut panduan kami, kami akan memiliki fokus yang lebih besar pada detail dan tips untuk menulis esai autobiografi tanpa cacat.

Apakah Anda memerlukan bantuan dengan Anda Autobiografi?

Hitung dukungan dari penulis dan editor profesional kami.

Dapatkan bantuan sekarang

Cara memulai autobiografi: 8 langkah menuju kesuksesan

Menulis kisah hidup Anda sendiri bisa sangat membuat frustrasi. Banyak orang merasa sulit untuk melihat diri mereka sendiri dari sudut yang berbeda. Namun, jika Anda siap untuk tantangan, tips ini akan memandu Anda melalui proses:

Langkah 1: Temukan contohnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum bergegas untuk mulai menulis, adalah mempelajari satu, atau beberapa, contoh otobiografi yang ditulis oleh orang-orang terkenal. Langkah ini memiliki beberapa tujuan: untuk mendapatkan contoh yang jelas tentang bagaimana autobiografi harus terlihat seperti; Untuk memahami nada umum, struktur, dan format - berlaku untuk bentuk penulisan ini; dan untuk terinspirasi.

Kalau-kalau Anda tidak memiliki ide-ide tentang otobiografinya untuk memulai, berikut adalah beberapa contoh inspiratif:

  • Autobiografi Benjamin Franklin, Benjamin Franklin
  • Berjalan lama ke kebebasan, Nelson Mandela
  • Diary dari seorang gadis muda, Anne Frank
  • Pesta yang dapat dipindahkan, ernest hemingway
  • Mimpi dari ayahku, Barack Obama

Langkah 2: Tuliskan kenangan Anda yang paling penting

Langkah Anda selanjutnya adalah mengingat semua yang penting bagi Anda. Pikirkan orang-orang istimewa, pengalaman unik, acara-acara utama, dan hal-hal lain yang paling memengaruhi hidup Anda. Ingat semua detail yang berharga dan buat daftar mereka.

Langkah 3: Pilih satu titik yang ingin Anda fokuskan

Biasanya dalam autobiografi, Anda harus menulis tentang seluruh hidup Anda. Namun, karena kami berfokus pada cara menulis esai pribadi, Anda harus memilih titik fokus.

Dalam esai otobiografi, Anda akan diminta untuk fokus pada satu peristiwa, orang, memori, tempat, dll. Oleh karena itu, Anda harus memilih satu titik dari daftar Anda. Mungkin sulit untuk memutuskan apa yang harus ditulis, jadi luangkan waktu Anda dan pikirkan apa yang paling menarik bagi pembaca Anda.

Langkah 4: Tanyakan pertanyaan yang tepat

Menulis tentang hidup Anda sendiri dapat membingungkan. Anda mungkin merasa sulit untuk melakukan brainstorming ide dan mempertahankan inspirasi. Untuk memastikan bahwa Anda tidak akan terjebak bertanya-tanya ide-ide apa yang harus dimasukkan dalam esai Anda, berikut adalah daftar pertanyaan yang harus membuat Anda di jalur yang benar:

  • Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda dengan tiga kata sifat?
  • Kutipan terkenal apa yang paling baik menggambarkan Anda dan kehidupan Anda?
  • Apa latar belakang etnis dan sosial dari keluarga Anda?
  • Siapa dan apa yang membuatmu seperti kamu hari ini?
  • Apa pencapaian terbesar Anda sejauh ini?
  • Apa tujuan utama Anda?
  • Apa kekuatan dan kelemahan utama Anda?
  • Apa nilai kunci Anda?
  • Apa kenangan terburuk dan terbaik Anda tentang masa kecil Anda?
  • Apa hari yang paling berkesan bagi Anda?
  • Apa hubungan Anda dengan anggota keluarga Anda?
  • Apa pelajaran hidup paling vital yang telah Anda pelajari sejauh ini?
  • Apa kesalahan Anda tidak pernah memaafkan diri sendiri, atau orang lain, untuk?
    Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu untuk menemukan inspirasi dan menghasilkan ide-ide brilian untuk esai otobiografi Anda.

Langkah 5: Buat garis besar terperinci

Meskipun banyak orang melewati langkah ini, menulis garis besar yang baik dapat benar-benar membuat proses penulisan lebih sederhana dan produktif. Ada banyak alasan yang menunjukkan pentingnya perencanaan. Yang paling penting, menulis garis besar membantu Anda mengikuti struktur dan urutan yang tepat, dan membantu memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan detail penting.

Berikut ini adalah contoh template gardu yang dapat berguna:

  • Intro.
  • Informasi latar belakang dasar yang melibatkan pembaca
  • Pernyataan tesis - ide utama dan poin kunci
  • Tubuh
  • Pernyataan tesis
  • Ide-ide pendukung (detail, fakta, alasan, dan transisi yang lancar antara setiap ide)
  • Ringkasan - Gunakan garis besar ini untuk setiap paragraf di badan utama. Sertakan setidaknya 3 paragraf.
  • Kesimpulan
  • Nyatakan pernyataan tesis Anda
  • Ringkasan semua ide kunci
  • Kesimpulan (Pelajaran yang telah Anda pelajari, pemikiran pribadi, dll.)

Langkah 6: Tulis draf pertama Anda

Setelah Anda memiliki rencana spesifik dalam pikiran, Anda dapat membuat draf pertama Anda. Ikuti garis besar Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan sesuatu yang penting, dan jangan terburu-buru.

Langkah 7: Benar-benar!

Meskipun banyak orang mengabaikan kepentingannya, proofreading adalah kunci kesuksesan. Tidak masalah seberapa menarik cerita Anda adalah jika teksnya penuh dengan kesalahan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengalokasikan cukup waktu untuk proofreading, dan hati-hati memeriksa esai Anda untuk ejaan, tanda baca, tata bahasa, gaya, dan kesalahan lainnya.

Langkah 8: Meminta umpan balik

Tidak peduli seberapa hati-hati Anda mengoreksi teks Anda, selalu ada kemungkinan Anda melewatkan sesuatu yang penting. Itu sebabnya selalu ide yang baik untuk meminta orang lain untuk membaca esai Anda dan membagikan pemikiran mereka tentang itu. Anda dapat meminta bantuan dari teman atau anggota keluarga. Mereka harus dapat melihat otobiografi Anda dari perspektif yang berbeda, dan perhatikan hal-hal yang belum Anda miliki.

Panduan Video

Tips atas untuk membuat otobiografi Anda terlihat sempurna

Semoga panduan kami akan menunjukkan kepada Anda cara yang benar dan membantu Anda memulai. Sekarang, berikut adalah beberapa tips untuk membantu membuat esai Anda sempurna:

  1. Singkatnya. Anda tidak perlu menulis biografi penuh Anda, jadi tidak perlu menulis sepotong panjang. Cobalah untuk menjaga esai Anda tetap jelas dan ringkas.
  2. Tulis dari perspektif orang pertama. Meskipun mungkin tidak pantas di beberapa makalah lain, narasi orang pertama sangat cocok untuk esai otobiografi. Lagi pula, Anda menceritakan kisah tentang hidup Anda sendiri, jadi tidak perlu membuatnya impersonal.
  3. Cari contoh. Bahkan jika Anda tidak pernah berurusan dengan jenis tugas ini sebelumnya, melihat beberapa contoh akan membantu Anda mendapatkan beberapa ide tentang penulisan otobiografi. Berikut adalah beberapa contoh bagus untuk dilihat:
  • Kisah eksperimen saya dengan kebenaran, Mahatma Gandhi
  • Chronicles, Vol 1, Bob Dylan
  • Saya tahu mengapa burung yang dikurung menyanyikan, Maya Angelou
  • Agatha Christie: Autobiografi, Agatha Christie
  • Autobiografi Mark Twain, Mark Twain
  • Pada penulisan: Memoar dari kerajinan, Stephen King
  • Jalan di depan, Bill Gates
  • Lebih cepat dari petir, baut
  • Sejarah Waktu Singkat, Stephen Hawking
  • Autobiografi saya, Charlie Chaplin
  1. Jangan membuatnya sepele. Anda seharusnya tidak takut menambahkan suara pribadi Anda ke bagian ini. Jika Anda membuat esai Anda sepele dan mengikuti pola penulisan standar, itu bisa ternyata membosankan.
  2. Tambahkan detail yang jelas. Karena tulisan ini dimaksudkan secara emosional, Anda harus menambahkan sebanyak mungkin detail sensorik. Dengan menambahkan detail seperti itu, Anda akan membuat pembaca Anda bahkan lebih bertunangan karena mereka akan dapat merasakan dan melihat setiap bagian dari cerita.

Autobiografi Contoh.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, membaca beberapa contoh autobiografi yang baik dapat memberi Anda semburan inspirasi tambahan dan membantu menemukan nada yang tepat untuk tulisan Anda sendiri. Berikut adalah beberapa contoh brilian untuk membantu Anda menghasilkan ide-ide segar untuk bergulir: