Selain itu, penting untuk mengetahui apa yang dicari oleh pembaca. Apakah mereka ingin melihat bagaimana Anda memecahkan masalah? Apakah mereka ingin melihat bagaimana Anda menganalisis data? Atau mungkin mereka hanya ingin melihat bagaimana Anda berpikir tentang topik tertentu? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab sebelum memilih topik. Setelah memiliki ide tentang jenis esai dan tujuan pembaca, selanjutnya adalah mencari tahu apa yang akan dibicarakan. Ini bisa berupa penelitian online atau bertanya kepada orang lain yang telah berpengalaman dengan topik tersebut. Jika Anda tidak tahu siapa yang harus ditanyakan, cobalah untuk mencari sumber daya online seperti blog, artikel, dan buku untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik tersebut. Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang topik, Anda dapat mulai menyusun argumen dan pendapat Anda sendiri.

Tips Memilih Topik Terbaik

Apa yang akan membuat Anda tertarik?

Topik Covid-19

1. Bagaimana pandemi Covid-19 telah mempengaruhi kehidupan kita? 2. Apa dampak sosial dan ekonomi dari pandemi Covid-19? 3. Bagaimana cara pandemi Covid-19 telah mengubah hubungan antarmanusia? 4. Apa yang bisa kita pelajari dari pandemi Covid-19? 5. Bagaimana cara pandemi Covid-19 telah mempengaruhi pendidikan? 6. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus di masa depan? 7. Bagaimana cara pandemi Covid-19 telah mempengaruhi industri hiburan dan pariwisata? 8. Apakah ada manfaat positif yang bisa diambil dari pandemi Covid-19? 9. Bagaimana cara orang beradaptasi dengan perubahan gaya hidup akibat pandemi Covid-19? 10. Apakah ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres akibat pandemi Covid-19?

  • Apa yang perlu diketahui tentang hewan peliharaan dan covid-19
  • Bagaimana Covid-19 mengubah hidup
  • Pro dan kontra dari isolasi diri
  • Pelajaran hidup yang telah Anda pelajari selama karantina
  • Tantangan yang telah Anda hadapi selama pandemi
  • Seseorang yang hilang karena Covid-19
  • Kehidupan sekolah selama Covid-19
  • Media massa dan panik pandemi
  • Sebuah badan amal yang Anda gunakan selama pandemi
  • Memproyeksikan Anda melakukan selama karantina
  • Pekerja penting selama pandemi
  • Prestasi pribadi Anda selama karantina
  • Bagaimana Dinamika Hubungan telah Berubah Selama Covid-19
  • Hal-hal yang Anda nikmati tentang karantina
  • Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus
  • Reaksi terhadap orang Asia Amerika karena Covid-19
  • Langkah-langkah pencegahan Covid-19, dan bagaimana Anda menerapkannya dalam hidup
  • Cara tetap sehat dan aktif selama karantina
  • Masa depan virus: vaksin untuk Covid-19 vs. sistem kekebalan tubuh yang kuat
  • Kesehatan mental selama isolasi diri

Pesan esai sekarang & dapatkan ini
Fitur Gratis:

Laporan Turnitin
Memformat
Judul Halaman
Kutipan
Garis besar
Memesan

Topik esai berdasarkan kategori

naratif, deskriptif, argumentatif, dan ekspositori. Narasi adalah gaya esai yang menceritakan cerita atau pengalaman. Topik untuk esai naratif dapat berupa pengalaman pribadi Anda, cerita fiksi, atau kisah orang lain. Sebagai contoh, Anda dapat menulis tentang perjalanan Anda ke suatu tempat yang indah atau tentang bagaimana Anda bertemu sahabat baru. Deskriptif adalah gaya esai yang menggambarkan sesuatu dengan kata-kata. Topik untuk esai deskriptif dapat berupa gambaran tentang suasana hati tertentu, sebuah objek fisik, atau bahkan sebuah proses. Sebagai contoh, Anda dapat menulis tentang bagaimana matahari terbenam di pantai atau tentang cara memasak makanan favorit Anda. Argumentasi adalah gaya esai yang membujuk pembaca untuk setuju dengan pendapat penulisnya. Topik untuk esai argumentasi dapat berupa opini politik atau sosial tertentu, teori ilmiah tertentu, atau pandangan moral tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat menulis tentang pentingnya pendidikan tinggi di negara ini atau tentang manfaat meditasi bagi kesehatan mental seseorang. Ekspositori adalah gaya esai yang memberikan informasi dan fakta kepada pembaca tanpa harus membujuk mereka untuk setuju dengan pendapat penulisnya. Topik untuk esai ekspositori dapat berupa sejarah suatu topik tertentu, biografi tokoh terkenal tertentu, atau ulasan buku populer tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat menulis tentang sejarah perkembangan teknologi komputer di masa lalu atau ulasan buku novel best seller terbaru.

Kita semua tahu bahwa menjaga lingkungan adalah hal yang penting. Namun, masih banyak orang yang tidak melakukan apa pun untuk membantu menjaga alam. Oleh karena itu, saya meyakini bahwa pemerintah harus mengambil tindakan lebih lanjut untuk mendorong masyarakat untuk melindungi lingkungan. Pertama, pemerintah harus memberikan insentif kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas yang ramah lingkungan. Ini dapat berupa diskon pajak atau subsidi bagi mereka yang membeli produk ramah lingkungan atau menggunakan teknologi hijau. Dengan cara ini, orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli produk dan layanan yang ramah lingkungan dan dengan demikian akan membantu mengurangi dampak buruk terhadap alam. Selain itu, pemerintah juga harus mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencegah polusi dan kerusakan lahan. Pemerintah harus memberlakukan peraturan ketat tentang penggunaan limbah industri dan limbah domestik serta memberlakukan sanksi bagi pelaku pelanggarannya. Ini akan memastikan bahwa industri dan rumah tangga tidak merusak alam dengan cara apapun. Ketiga, pemerintah juga harus mendidik masyarakat tentang pentingnya melestarikan alam dan manfaatnya bagi kesehatan manusia. Pendidikan ini dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah atau melalui program media massa seperti televisi atau radio. Dengan cara ini, orang-orang akan lebih sadar tentang pentingnya melestarikan alam dan dampak negatif dari polusi dan kerusakan lahan terhadap kesehatannya sendiri. Dengan demikian, saya meyakin bahwa pemerintah harus mengambil tindakan lebih lanjut untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan mereka dengan memberikan insentif kepada mereka yang berperilaku ramah lingkungan, menerapkan peraturan ketat tentang penggunaan limbah industri dan domestik serta mendidik masyarakat tentang pentingnya melestarikan alam.

Penulis harus menggunakan bahasa yang kaya dan kuat untuk menciptakan gambaran yang jelas dalam pikiran pembaca. Ini membutuhkan penggunaan metafor, analogi, dan simbolisme untuk menyampaikan pesan dengan cara yang efektif. Penulis harus berhati-hati agar tidak terlalu berlebihan atau melampaui batas dalam penggunaan bahasa mereka. Deskriptif gaya ini cocok untuk novel, cerita pendek, puisi, esai, dan lainnya.

Ketika aku masih kecil, aku selalu tertarik dengan dunia luar. Aku ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana orang-orang di sekitar kami hidup dan berinteraksi satu sama lain. Aku mulai menyelidiki hal-hal yang berbeda dan mempelajari tentang budaya, bahasa, dan tradisi yang berbeda. Aku juga mulai mengembangkan minat saya dalam seni dan musik. Aku belajar cara memainkan beberapa alat musik, termasuk gitar dan piano. Aku juga belajar cara menggambar dan melukis. Ini adalah salah satu cara saya untuk berekspresi secara kreatif. Selama masa remaja saya, saya terus mengeksplorasi dunia di sekitar saya dengan cara yang berbeda. Saya mulai menulis esai pribadi tentang topik-topik yang beragam, termasuk politik, sosial, ekonomi, budaya, dan filsafat. Saya juga mulai membaca buku-buku yang berbeda untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang dunia di sekitar saya. Sebagian besar dari apa yang telah saya pelajari telah membentuk pandangan hidup saya hingga saat ini. Saya telah belajar banyak tentang bagaimana orang-orang di sekitar kita hidup dan berinteraksi satu sama lain; bagaimana mereka berekspresi secara kreatif; dan bagaimana mereka dapat membuat perubahan positif di lingkungan mereka melalui usaha kerja keras mereka sendiri. Inilah alasan utama mengapa narasi adalah salah satu gaya penulisan favorit saya – ia memberikan ruang untuk berekspresi secara kreatif sambil tetap menceritakan cerita yang penting!

1. Bagaimana cara menjadi pemimpin yang efektif? 2. Apa dampak positif dan negatif dari teknologi modern? 3. Apa manfaat dari pendidikan tinggi? 4. Bagaimana kita bisa mengurangi kemiskinan di seluruh dunia? 5. Apa arti pentingnya toleransi dan inklusivitas? 6. Bagaimana cara membangun budaya yang berkelanjutan? 7. Apakah ada cara untuk mengurangi perbedaan sosial-ekonomi antarwarga negara? 8. Bagaimana kita bisa mempromosikan hak asasi manusia di seluruh dunia? 9. Apakah ada cara untuk mengatasi masalah lingkungan global saat ini? 10. Apakah ada cara untuk mencegah terjadinya perang di masa depan?

Topik esai sebab dan akibat

1. Bagaimana teknologi telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari? Esai ini akan menjelaskan bagaimana teknologi telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Teknologi telah berkembang dengan pesat dalam beberapa dekade terakhir, dan telah memiliki dampak yang luas pada cara kita hidup. Pertama, teknologi telah memudahkan komunikasi antara orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet, orang dapat berkomunikasi dengan mudah melalui email, video chat, dan media sosial. Ini memungkinkan orang untuk tetap terhubung meskipun jarak yang jauh. Kedua, teknologi telah meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Dengan menggunakan alat seperti komputer dan perangkat lunak canggih, pekerja dapat melakukan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Akhirnya, teknologi telah memberikan akses ke informasi yang luas dan cepat. Dengan internet, orang dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan mereka hanya dengan beberapa klik mouse. Kesimpulannya, teknologi telah berdampak besar pada cara kita hidup hari ini. Teknologi telah memudahkan komunikasi antar manusia di seluruh dunia; meningkatkan produktivitas di tempat kerja; dan memberikan akses ke informasi yang luas dan cepat.

  • Bagaimana optimisme memengaruhi kekebalan Anda
  • Menggunakan sepeda alih-alih mobil meningkatkan kesehatan Anda dan menurunkan dampak lingkungan Anda
  • Apakah media sosial meningkatkan keterampilan komunikasi masyarakat?
  • Apakah orang-orang yang pergi ke perguruan tinggi lebih sukses?
  • Hubungan dan ketidakpercayaan jarak jauh
  • Pencegahan obesitas anak-anak dengan olahraga
  • Obat-obatan dan konsumsi alkohol adalah penyebab utama tunawisma
  • Pemanasan Global dan Kepunahan Spesies
  • Serangan panik dan penyebabnya
  • Bulimia dan konsekuensinya
  • Kontrol porsi dan penurunan berat badan yang sehat
  • Komunikasi adalah kunci pernikahan yang sehat
  • Perangkat elektronik dan pengaruhnya terhadap perkembangan anak
  • Interaksi teman sebaya mengarah pada peningkatan keterampilan sosial
  • GMO dan pengaruhnya terhadap gen manusia
  • Konsumsi Produk Organik Mengurangi Risiko Kesehatan
  • Perbedaan budaya menyebabkan masalah transisi imigrasi
  • Kebebasan berbicara bisa disalahgunakan
  • Selingkuh di sekolah memiliki efek hidup jangka panjang pada kepribadian seseorang
  • Konsumerisme mencemari planet ini

Topik esai argumentatif yang baik

1. Apakah kriminalisasi kejahatan seksual akan mengurangi jumlah kasus? 2. Apakah pengurangan hukuman mati akan membuat masyarakat lebih aman? 3. Apakah penggunaan teknologi dalam pendidikan akan meningkatkan hasil belajar siswa? 4. Apakah hak asasi manusia harus dihormati di seluruh dunia? 5. Apakah pemerintah harus melarang produk tembakau dan alkohol? 6. Apakah perubahan iklim adalah akibat dari tindakan manusia? 7. Apakah kemajuan teknologi telah membantu atau merugikan masyarakat? 8. Apakah penggunaan bahan bakar fosil masih relevan di masa depan?

  • Haruskah semua wanita memiliki akses ke kontrol kelahiran dan keluarga berencana?
  • Apakah sistem pajak kami menguntungkan semua orang secara adil?
  • Apakah vaping sama berbahayanya dengan merokok?
  • Apakah konsumerisme menimbulkan masalah besar bagi dunia?
  • Apakah media sosial melanggar privasi kita?
  • Apakah vaksinasi untuk semua orang?
  • Apakah perusahaan makanan mengendalikan diet kita?
  • Apakah sistem pendidikan kita sesuai dengan masyarakat kita?
  • Bahasa apa yang harus dipamalkan di Amerika Serikat dan mengapa?
  • Apakah hukuman mati yang pernah dibenarkan?
  • Haruskah aborsi dilarang?
  • Apakah orang menyalahgunakan hak mereka untuk membawa senjata?
  • Apakah kebrutalan polisi memiliki aspek ras?
  • Harus daur ulang menjadi wajib?
  • Apakah persaingan benar-benar bermanfaat?
  • Apakah karier dalam blogging memiliki masa depan?
  • Akankah orang dapat hidup tanpa Internet?
  • Haruskah semua orang terlibat dalam sukarelawan dan amal?
  • Apakah pers melanggar privasi orang-orang terkenal?
  • Harus menguji pada hewan menjadi legal?

Topik esai narasi

Sebagai seorang penulis, saya telah mengalami banyak hal yang menarik dan berkesan. Salah satu pengalaman terbaik saya adalah ketika saya melakukan perjalanan ke India untuk pertama kalinya. Saya ingat dengan jelas bagaimana saya merasa begitu takut dan gugup saat memasuki ruangan pesawat. Namun, setelah beberapa jam terbang, saya mulai merasakan suasana baru di India. Ketika kami mendarat di Bandara Internasional Delhi, saya merasa begitu terpesona dengan pemandangan yang indah di sekitar bandara. Kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju Agra untuk melihat Taj Mahal. Ketika kami sampai di Agra, saya benar-benar terpukau oleh keindahan Taj Mahal. Saya tidak bisa berhenti memandangi bangunan megah itu dari jarak dekat dan jauh. Setiap sudutnya tampak sangat indah dan ajaib. Saya juga menyaksikan berbagai macam burung yang sedang bermain di sekitar Taj Mahal dan itu benar-benar mengesankan bagi saya. Selama beberapa jam berikutnya, kami mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya di Agra termasuk Fort Agra dan Fatehpur Sikri. Semua tempat ini sangat indah dan membuat saya merasa begitu tersentuh oleh keindahan alam India yang luar biasa ini. Pengalaman ini benar-benar memberikan dampak besar bagi hidup saya sebagai penulis. Inilah pertama kali saya benar-benar merasakan betapa luarbiasanya dunia ini dan betapa pentingnya untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Pengalaman ini juga telah memberikan inspirasi bagi tulisan-tulisan saya selanjutnya tentang budaya India dan keindahan alamnya yang luar biasa ini.

  • Memori masa kecil favorit Anda
  • Pengalaman perjalanan terbaru
  • Kematian seorang teman atau relatif yang memengaruhi Anda
  • Hilangnya hewan peliharaan yang mengubah hidup Anda
  • Sahabatmu dan bagaimana kamu bertemu
  • Pertama kali Anda di pesawat
  • Buku pertama yang Anda baca
  • Memori terburuk yang Anda miliki
  • Ketakutan terbesar Anda
  • Tradisi keluarga Anda
  • Kisah kamp musim panas untuk diingat
  • Pertama kali mengemudi
  • Situasi paling memalukan yang Anda alami
  • Bagaimana Anda bersantai di akhir pekan Anda?
  • Hal-hal yang Anda sukai tentang sekolah
  • Kisah terlucu tentang Anda dan saudara Anda
  • Waktu Anda mengalami kecelakaan
  • Seseorang yang menginspirasi Anda
  • Bagaimana Anda mengatasi ketakutan Anda
  • Hal yang paling Anda sesali

Topik Riset Esai.

1. Apakah teknologi membantu atau menghalangi komunikasi antar manusia? 2. Apakah globalisasi membawa lebih banyak kemiskinan atau kemakmuran? 3. Apa dampak sosial dari media sosial? 4. Bagaimana budaya populer mempengaruhi pandangan masyarakat tentang gender dan identitas? 5. Apa dampak ekonomi dari perdagangan internasional? 6. Bagaimana teknologi berubah cara orang belajar? 7. Apa dampak lingkungan dari peningkatan produksi industri? 8. Bagaimana politik lokal mempengaruhi pembangunan ekonomi di wilayah tertentu?

  • Hak-hak binatang dan bagaimana mereka dilanggar dalam masyarakat modern
  • Usia minum legal di seluruh dunia
  • Apa artinya menjadi patriotik dalam budaya yang berbeda?
  • Pelecehan seksual di tempat kerja
  • Kelalaian dokter dan konsekuensinya
  • Kebencian kejahatan dan apa yang harus dilakukan tentang mereka
  • Pro dan kontra dari eceran online
  • Bagaimana tes kecerdasan memisahkan masyarakat
  • Plagiarisme dan kejujuran akademik
  • Sumber energi alternatif
  • Polusi laut dan cara untuk mencegahnya
  • Pestisida dan bagaimana mereka memengaruhi kita
  • Apakah populasi mengendalikan solusi untuk pemanasan global?
  • Spesies yang terancam punah dan konservasi mereka
  • Tarif perceraian di kalangan pasangan muda
  • Nilai-nilai keluarga dan peran mereka dalam kehidupan seseorang
  • Pengobatan alternatif vs. obat tradisional
  • Pentingnya tidur untuk kehidupan yang sehat
  • Penelitian sel induk
  • Positivitas Tubuh untuk Remaja

Topik esai informatif

1. Manfaat dan Risiko dari Teknologi Digital di Sekolah. 2. Bagaimana Teknologi Digital Mempengaruhi Pembelajaran di Sekolah. 3. Bagaimana Teknologi Digital Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 4. Bagaimana Teknologi Digital Dapat Digunakan untuk Mengurangi Bullying di Sekolah. 5. Bagaimana Teknologi Digital Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak-Anaknya. 6. Bagaimana Teknologi Digital Dapat Digunakan untuk Membantu Guru Mengajar dengan Lebih Efektif dan Efisien.

  • Perang Saudara dan signifikansi dalam sejarah Amerika
  • Sejarah Perbudakan di Amerika Serikat
  • Gerakan Hak Sipil
  • Penyebab dan konsekuensi jangka panjang dari stres
  • Mengapa kami menunda-nunda dan bagaimana cara menghindarinya
  • Rasisme di AS
  • Obesitas anak.
  • Cybercrime dan bagaimana tidak menjadi korbannya
  • Tata surya dan komponennya
  • Bima Sakti dan bagaimana menemukannya di langit malam
  • Bagaimana daur ulang dapat menghemat planet kita
  • Hitler dan strategi militernya
  • Penyebab Perang Vietnam
  • Sistem peradilan di Amerika Serikat
  • Apa itu ADHD dan bagaimana cara mengubah hidup?
  • Konsekuensi dari WWII
  • Apakah gelar sarjana yang perlu berhasil?
  • Pelecehan anak dan pengaruhnya terhadap pengembangan karakter
  • Ekspresionisme dan perannya dalam sejarah seni
  • Kelebihan populasi di penjara

Topik Esai Ekspositori

Esai ekspositori juga dapat digunakan untuk menjelaskan konsep atau ide yang lebih luas. Di sini Anda harus menggunakan fakta dan penelitian untuk mendukung argumen Anda, tetapi tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan informasi secara jelas dan akurat. Esai ekspositori biasanya memiliki struktur yang sederhana, dengan pendahuluan, tubuh, dan kesimpulan. Pendahuluan berfungsi sebagai pengenalan topik dan memberikan gambaran umum tentang apa yang akan dibahas. Tubuh esai terdiri dari beberapa paragraf yang berisi analisis masalah atau konsep yang sedang dibahas. Paragraf ini harus didukung oleh fakta dan penelitian yang relevan. Akhirnya, kesimpulan berfungsi sebagai ringkasan dari semua poin penting yang telah Anda bahas di bagian tubuh esai.

  • Mengapa lulus dari sekolah menengah itu penting
  • Hal-hal yang dikhawatirkan oleh sebagian besar remaja
  • Cara membuka kartu kredit dan faktor untuk diperhatikan
  • Pinjaman Siswa: Pro dan Kontra
  • Sistem pendidikan tinggi di AS
  • Kenapa bergerak sangat menegangkan
  • Mengapa beberapa hal membuat kita lebih bahagia dari yang lain
  • Bagaimana musik tertentu dapat memengaruhi masyarakat
  • Cara membedakan pemimpin dalam suatu kelompok
  • Mengapa kebanyakan orang tua terlalu protektif dan ketat
  • Penyebab psikologis merokok
  • Bagaimana minum mempengaruhi kemampuan untuk mengoperasikan mesin
  • Mengapa remaja bergabung dengan geng dan bahaya yang terkait dengannya
  • Masalah dengan hamil pada 16
  • Mengapa berbelas kasih kepada orang lain itu penting
  • Cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum
  • Bagaimana aktivitas fisik meningkatkan kesehatan secara keseluruhan
  • Pentingnya Perlindungan Saat Seks
  • Konsekuensi dari melakukan narkoba
  • Bagaimana Kelas Skipping Dapat Membahayakan Karier Perguruan Tinggi Anda

Topik esai definisi

kebahagiaan, cinta, keadilan, kesetaraan, dan toleransi. Esai ini harus menjelaskan secara rinci arti dari istilah tersebut dan bagaimana ia berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Penulis juga harus menyertakan contoh untuk membantu pembaca memahami istilah yang sedang dibahas.

  • Bagaimana Anda mendefinisikan kesuksesan?
  • Apa arti cinta bagi Anda?
  • Kebaikan dan mengapa itu penting
  • Apa itu optimisme dan bagaimana itu membantu dalam hidup?
  • Penundaan dan konsekuensinya
  • Mendefinisikan agama Buddha dan perannya dalam sistem kepercayaan dunia
  • Apa kebahagiaan untukmu?
  • Tentukan persahabatan dalam hidup Anda
  • Perfeksionisme: Pro dan kontra
  • Institusi pernikahan menjelaskan
  • Mendefinisikan terorisme dan alasannya
  • Apa itu tekanan teman sebaya dan bagaimana memengaruhi remaja?
  • Mendefinisikan surealis dalam budaya
  • Apa arti kekuatan bagi Anda?
  • Mendefinisikan kemauan dan cara menggunakannya setiap hari
  • Apa itu pemanasan global, dan apa yang menyebabkannya?
  • Kloning dan konsekuensinya untuk umat manusia
  • Kreativitas dan pentingnya dalam hidup
  • Mendefinisikan kemurahan hati dan bagaimana menjadi murah hati membantu orang
  • Kenapa benci bukan jawabannya

Topik esai deskriptif

Esai deskriptif berbeda dari esai naratif karena lebih menekankan pada deskripsi dan menggambarkan suasana. Esai naratif biasanya memiliki tindakan yang lebih banyak dan berfokus pada cerita. Esai naratif juga biasanya memiliki tokoh utama, sementara esai deskriptif tidak. Esai deskriptif juga berbeda dari esai argumentasi karena tidak ada argumen atau pendapat yang disampaikan. Esai argumentasi harus memiliki argumen yang didukung oleh bukti untuk mendukung pendapat Anda. Esai deskriptif hanya menggambarkan suatu objek atau tempat tanpa memberikan argumen atau pendapat.

  • Mimpi buruk terbaru yang Anda miliki
  • Pengalaman perjalanan paling aneh yang Anda miliki
  • Jelaskan museum yang telah menjadi favorit Anda
  • Hari paling bahagia dalam hidup Anda
  • Jelaskan karakter sastra favorit Anda
  • Orang yang menginspirasi Anda
  • Memori paling awal yang Anda miliki
  • Bicara tentang salah satu teman Anda dan jelaskan dia
  • Pandangan paling indah yang pernah Anda lihat
  • Jelaskan tempat yang hanya ada dalam imajinasi Anda
  • Bicara tentang olahraga favorit Anda dan jelaskan pengalaman Anda di pertandingan langsung
  • Jelaskan diri Anda kepada seseorang yang belum pernah bertemu dengan Anda
  • Bicara tentang memori favorit Anda
  • Hari sekolah yang paling berkesan
  • Ulang tahun favorit Anda
  • Pertama kali Anda jatuh cinta: Jelaskan perasaan Anda
  • Berbicara tentang situasi paling memalukan yang pernah Anda miliki
  • Kota terbaik yang pernah Anda kunjungi
  • Jelaskan rumah masa kecil Anda
  • Bicara tentang objek yang sangat istimewa bagi Anda

Memproses topik esai

Misalnya, jika Anda ingin menjelaskan bagaimana membuat kue, Anda mungkin akan mulai dengan menggambarkan bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian, Anda dapat menjelaskan langkah demi langkah proses memasaknya. Ini bisa termasuk mengaduk adonan, memanggang kue, dan memberikan topping. Setelah itu, Anda dapat menjelaskan cara memotong dan menyajikannya. Jika Anda ingin menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu yang lebih abstrak seperti membuat keputusan bisnis, prosesnya mungkin tidak begitu tepat. Di sini, Anda mungkin akan mulai dengan mendefinisikan situasi atau masalah yang harus dihadapi. Kemudian, Anda dapat menjelaskan berbagai opsi yang tersedia untuk pembuatan keputusan dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Akhirnya, Anda dapat memberikan penjelasan tentang bagaimana keputusan tersebut diambil dan apa dampaknya pada bisnis.

  • Cara mengendarai mobil
  • Cara Belajar Berenang
  • Cara Membuat Film Anda Sendiri
  • Cara Belajar Memasak Makanan Sehat Lezat
  • Bagaimana menjadi seorang siswa
  • Cara lulus SAT Anda
  • Cara Menangani Penundaan
  • Bagaimana cara sukses dalam pencarian pekerjaan
  • Cara menulis buku Anda sendiri
  • Cara mengatasinya pemalu
  • Cara Membuat Teman Baru
  • Bagaimana mengetahui Anda telah bertemu dengan diri Anda yang lain
  • Cara menghemat uang
  • Cara menyingkirkan kebiasaan buruk
  • Cara berolahraga secara teratur
  • Cara Memulai Bisnis Anda Sendiri
  • Cara Memilih Mobil Bekas
  • Cara Membuat Teman Baru
  • Cara Belajar Mengatakan “Tidak” kepada Orang
  • Cara melepaskan hal-hal yang tidak perlu

Topik esai pribadi

Esai pribadi harus mencerminkan kepribadian Anda dan bagaimana Anda berinteraksi dengan dunia di sekitar Anda. Ini juga harus menyoroti peristiwa penting dalam hidup Anda yang telah membentuk siapa Anda hari ini. Esai pribadi harus menggambarkan karakter, nilai, dan tujuan hidup Anda. Esai pribadi harus ditulis dengan gaya yang sederhana dan alami. Penulis harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak terlalu teknis. Penulis juga harus berhati-hati untuk tidak terlalu subjektif atau melampaui batas ketika menceritakan kisahnya. Esai pribadi juga harus memiliki struktur yang baik. Paragraf pertama biasanya berisi pendahuluan tentang topik esai, sementara paragraf-paragraf lainnya akan membahas topik secara lebih mendalam. Setiap paragraf harus memiliki satu ide utama yang diperkuat oleh contoh nyata atau fakta yang relevan. Kesimpulannya, esai pribadi adalah cara bagus untuk berbagi cerita tentang diri sendiri dengan orang lain. Ini adalah cara untuk mengekspresikan emosi dan perasaan tertentu tanpa takut untuk dihina atau disalahpahami oleh orang lain. Dengan demikian, esai pribadi adalah cara efektif untuk mewujudkan identitas unik penulisnya sendiri.

  • Motivasi Anda untuk Sukses
  • Orang khusus dalam hidup Anda
  • Kekecewaan terbesar yang Anda alami
  • Momen paling bahagia dalam hidup Anda
  • Waktu Anda dikhianati
  • Seseorang yang mengganggu Anda
  • Waktu ketika Anda kehilangan seseorang
  • Bagaimana Anda mengatasi ketakutan terburuk Anda
  • Saat Anda sangat berani
  • Waktu ketika Anda merasa sangat sendirian
  • Tempat yang spesial untuk hatimu
  • Waktu favorit Anda tahun ini
  • Daftar wishes ember Anda
  • Waktu Anda kehilangan turnamen
  • Orang yang inspirasional yang telah Anda temui
  • Tindakan kebaikan terbesar yang telah Anda lakukan
  • Sesaat ketika Anda belajar pelajaran hidup
  • Waktu Anda terluka oleh seseorang yang Anda cintai
  • Tempat yang ingin Anda kunjungi
  • Saat ketika Anda membuat pilihan yang salah

Topik esai persuasif yang baik

Esai argumentatif menggunakan logika dan fakta untuk membuat poin. Penulis harus menyajikan bukti yang kuat untuk mendukung argumen mereka, seperti statistik, contoh, dan laporan penelitian. Penulis juga harus mempertimbangkan argumen lawan dan menjawabnya dengan alasan yang kuat. Esai ini dapat berupa pendapat atau pandangan yang dibentuk melalui analisis data yang akurat. Esai persuasif, di sisi lain, bergantung pada emosi dan moralitas untuk meyakinkan pembaca. Penulis harus menggunakan retorika untuk membujuk pembaca ke sudut pandang mereka. Ini termasuk menggunakan analogi, metafora, dan perumpamaan untuk membangun hubungan emosional dengan pembaca. Penulis juga harus menggunakan teknik seperti alur cerita dan narasi untuk membantu pembaca merasakan bagaimana sudut pandang mereka akan memberikan manfaat bagi mereka secara personal.

  • Berburu binatang liar tidak bermoral
  • Mengapa microchipping hewan peliharaan Anda baik
  • Apakah etis untuk mengkloning hewan?
  • Tes standar bukan untuk semua orang
  • Istirahat sekolah harus lebih lama
  • Mengapa PE diperlukan di setiap kelas sekolah
  • Vaksin menyebabkan autisme
  • Orang-orang itu sendiri adalah alasan pemanasan global
  • Bagaimana kita dapat menyelamatkan spesies dari kepunahan
  • Setiap orang harus terlibat dalam aktivitas fisik
  • Pengurangan kalori adalah cara paling sehat untuk menurunkan berat badan
  • Anak-anak harus membatasi waktu mereka dengan elektronik
  • Tumbuh dewasa dalam satu rumah tangga orang tua memiliki konsekuensi jangka panjang
  • Bagaimana sistem pajak menguntungkan yang sudah kaya
  • Mendengarkan musik memperlambat produktivitas pekerjaan rumah
  • Setiap ruang publik harus memiliki wifi gratis
  • Kapan adopsi tidak diizinkan?
  • Eutanasia harus dilegalkan
  • Perdagangan manusia harus dituntut parah
  • Prostitusi harus dihilangkan

Bandingkan dan kontras topik esai

Kontras esai membandingkan dan menyoroti perbedaan antara dua atau lebih subjek atau sudut pandang. Ini adalah jenis esai yang sangat populer karena memungkinkan Anda untuk mengekspresikan pendapat Anda sendiri tentang topik tertentu. Dengan menggunakan contoh-contoh, analogi, dan perbandingan, Anda dapat dengan mudah menguraikan perbedaan antara dua subjek. Untuk memulai sebuah esai kontras, Anda harus memilih dua subjek yang berbeda untuk dibandingkan. Setelah itu, Anda harus melakukan penelitian untuk menemukan informasi tentang masing-masing subjek. Ini akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang bagaimana mereka berbeda satu sama lain. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa Anda telah menyusun argumen yang kuat dan logis sebelum mulai menulis esai. Setelah itu, Anda harus mulai dengan pengenalan singkat tentang topik yang akan dibandingkan dan alasan mengapa mereka layak untuk disebutkan bersama-sama. Kemudian, tuliskan poin-poin utama di mana kedua subjek berbeda satu sama lain. Jangan lupa untuk memberikan contoh bagaimana setiap poin tersebut berlaku pada masing-masing subjek. Ini akan membantu pembaca memahami perspektif unik Anda tentang topik tersebut. Akhirnya, tuliskan kesimpulan singkat yang merupakan ringkasan dari semua poin utama yang telah Anda buat sebelumnya. Jangan lupa untuk memberikan beberapa saran tentang bagaimana temuan ini bisa digunakan oleh pembaca di masa depan. Dengan demikian, esai kontras anda akan siap untuk disampaikan kepada audiens!

  • Efek kopi vs teh pada kemampuan kognitif seseorang selama belajar
  • Kapitalisme vs Komunisme
  • Amerika Utara dan Selatan selama Perang Saudara
  • Perbedaan anatomi antara monyet dan manusia
  • Freelancing vs. bekerja di kantor
  • Apa yang lebih baik: film atau buku?
  • Perbedaan dan kesamaan antara mitologi Yunani dan Romawi
  • Sistem pendidikan di AS vs. Inggris
  • Belanja online vs. belanja tradisional
  • Ukuran Kelas Lebih Kecil vs Ukuran Kelas Lebih Besar
  • Tinggal bersama orang tua vs tinggal di kampus
  • Pembaca Buku Elektronik Vs. Buku Fisik
  • Kencan online vs pertemuan kehidupan nyata
  • Inggris Inggris vs. Bahasa Inggris Amerika: Perbedaan dan persamaan
  • Fisik vs. kebutuhan moral orang
  • Lord of the Rings vs Game of Thrones
  • Film horor vs komedi
  • Karnivorisme vs veganisme
  • Bersepeda ke sekolah vs mengendarai mobil ke sekolah
  • Budaya Jepang vs Budaya Korea

Topik esai argumentatif kontroversial

1. Aborsi 2. Penggunaan senjata api 3. Perubahan iklim 4. Politik luar negeri 5. Kebijakan imigrasi 6. Pembiayaan pendidikan 7. Penggunaan teknologi untuk mengawasi warga sipil 8. Penggunaan obat-obatan terlarang 9. Kebijakan pajak yang tidak adil 10. Hak asasi manusia

  • Haruskah aborsi legal di mana-mana?
  • Haruskah kontrol senjata lebih ketat?
  • Haruskah Merokok dilarang?
  • Haruskah ganja disahkan untuk tujuan pengobatan?
  • Haruskah orang berhubungan seks sebelum menikah?
  • Haruskah pernikahan diatur?
  • Haruskah LGBTQ + memiliki semua hak yang sama dengan heteroseksual?
  • Apakah ini baik-baik saja bagi atlet profesional untuk menggunakan steroid?
  • Haruskah hukuman fisik untuk anak-anak diizinkan?
  • Apakah tidak bermoral untuk memiliki adegan seks di TV?
  • Harus selingkuh di sekolah ditoleransi?
  • Haruskah remaja memiliki akses ke kontrasepsi?
  • Bisakah terorisme dibenarkan dengan agama?
  • Apakah bullying membuat orang lebih kuat?
  • Haruskah anak-anak kecil memiliki akses ke smartphone dan tablet?
  • Apakah 18 usia yang tepat untuk memulai pemungutan suara?
  • Apakah pernikahan lintas budaya dapat diterima?
  • Apakah prostitusi kejahatan?
  • Harus merokok di tempat-tempat umum diizinkan?
  • Haruskah semua orang membayar pajak yang sama?

Topik esai argumentatif lucu

Esai argumentatif lucu tentang jazz bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk membahas topik ini. Anda dapat memulainya dengan menggambarkan bagaimana jazz adalah musik yang sangat beragam dan kompleks. Anda dapat menggunakan contoh-contoh humor untuk menunjukkan bagaimana genre ini telah berkembang selama bertahun-tahun, dan bagaimana ia telah dipengaruhi oleh berbagai budaya dan gaya musik. Anda juga dapat menggunakan contoh-contoh humor untuk membahas bagaimana jazz telah memberikan pengaruh besar pada musik modern, dan bagaimana ia masih terus berkembang hingga saat ini. Anda juga dapat menggunakan esai argumentatif lucu Anda untuk membahas beberapa aspek lain dari jazz, seperti instrumen yang digunakan, teknik permainan, atau gaya bermusik tertentu. Dengan cara ini, Anda akan mampu memberikan pandangan unik dan kreatif tentang topik ini kepada pembaca Anda. Ini akan membuat mereka tertarik untuk terus membaca esai Anda sampai akhir.

  • Seperti apa dunia itu jika hewan memerintahnya?
  • Bagaimana jika guru dan siswa bertukar tempat?
  • Bagaimana kehidupan kita akan berbeda sekali setelah kita memiliki mobil terbang?
  • Dropout sekolah adalah yang paling sukses
  • Mengapa Anda harus minum sebelum ujian
  • Bagaimana jika kita melihat dunia melalui mata anjing
  • Alasannya Starbucks rasanya begitu enak
  • Betapa tidak mematuhi orang tua Anda dalam kesuksesan
  • Mengapa lulus ujian mengemudi Anda penting
  • Siswa terbaik adalah orang-orang yang tidak pernah tampil hingga kelas
  • Tamu terbaik adalah yang sudah penuh
  • Mengapa saya suka email spam
  • Mengapa membakar sekolah Anda bukanlah suatu pilihan
  • Badut tidak serasa seperti yang Anda pikirkan
  • Mengapa cucian Anda tidak akan melakukan dirinya sendiri
  • Mengapa Anda harus mengenakan topeng bahkan sekali covid-19 sudah berakhir
  • Apa film terburuk yang pernah ada?
  • Bagaimana keterampilan bermain game Anda dapat membantu mendapatkan pekerjaan
  • Alasan saya benci musik country
  • Mengapa film lebih baik daripada buku

Berjuang untuk datang dengan Topik esai yang baik?

Memulai