Tanpa memiliki beberapa topik esai persuasif yang baik di saku Anda, seorang siswa tidak dapat menulis makalah dari jenis ini. Baca artikel untuk mendapatkan pemahaman tentang apa esai persuasif dan dapatkan ide topik pada mata pelajaran yang berbeda.

Apa itu esai persuasif?

Esai persuasif adalah jenis tugas penulisan yang ditugaskan kepada siswa di sekolah, perguruan tinggi, dan universitas sepanjang perjalanan pendidikan mereka.
Menurut definisi tersebut, persuasif (juga disebut sebagai argumentatif) Esai adalah jenis makalah akademik yang menyiratkan menggunakan fakta yang valid, logika yang jelas, dan alasan untuk meyakinkan pembaca tentang validitas sudut pandang penulis.

Mengapa Anda perlu menguasai jenis tulisan ini? Dari perspektif akademik, penguasaan seni tulisan persuasif sangat penting untuk dapat menangani tugas-tugas tersebut di sekolah atau perguruan tinggi dan menjaga kinerja yang baik. Pada saat yang sama, keterampilan ini juga memiliki nilai kehidupan nyata. Dengan demikian, belajar bagaimana menulis esai persuasif mengajarkan siswa bagaimana mengembangkan sudut pandang mereka sendiri pada materi pokok tertentu dan bagaimana menggunakan argumen untuk membuktikan kebenarannya. Jenis tulisan ini juga membantu dalam memperoleh keterampilan hidup vital seperti berpikir kritis, alasan, logika, dan persuasi.

Bagaimana cara menulis esai persuasif?

Berikut adalah beberapa penulisan persuasif utama yang ingin diingat saat bekerja pada tugas-tugas tersebut:

  • Pilih topik yang menarik. Memilih topik yang relevan, dapat dikelola, dan menarik dapatnya sulit, tetapi ini adalah salah satu langkah paling penting dalam membuat esai Anda berhasil atau tidak berhasil (jika tidak menarik).
  • Ambil posisi yang jelas pada topik tertentu. Menulis esai persuasif membutuhkan memilih sisi tertentu Anda akan mengadvokasi di makalah Anda.
  • Kenali audiens Anda. Karena tujuan utama dari bentuk penulisan ini adalah untuk membujuk pembaca, sangat penting untuk mengetahui audiens yang Anda tulis dan memahami perspektif mereka - untuk membuat makalah yang efektif.
  • Lakukan penelitian menyeluruh Untuk mengidentifikasi argumen yang dapat Anda gunakan dalam esai Anda. Kemudian, memprioritaskan argumen sesuai dengan validitas dan nilainya.
  • Gunakan bukti yang paling meyakinkan dan logis.
  • Membuatnya menarik. Gunakan kait yang menarik dalam pengantar untuk menarik perhatian pembaca Anda, dan cobalah yang terbaik untuk membuat mereka tertarik melalui seluruh bagian.
  • Jaga agar tetap jelas dan lurus ke intinya.
Anda mungkin juga tertarik untuk menemukan Cara menulis esai persuasif

Perbedaan antara pidato persuasif dan esai persuasif

Bentuk umum penulisan persuasif lainnya adalah pidato persuasif. Bentuk penulisan ini juga dapat ditugaskan dalam kursus akademik. Namun, itu juga banyak digunakan di dunia profesional, misalnya, ketika menyajikan ide baru kepada investor dengan tujuan membujuk mereka untuk menginvestasikan uang mereka dalam sebuah proyek.

Apakah menulis pidato persuasif berbeda dari menulis esai? Untuk memulainya, menulis esai dan pidato adalah dua pengalaman yang sama sekali berbeda. Meskipun tujuan utamanya adalah sama, untuk meyakinkan audiensi sesuatu, langkah-langkah penulisan, gaya, nada suara, dan teknik yang digunakan oleh penulis bisa sangat berbeda.

Pesan esai sekarang & dapatkan ini
Fitur Gratis:

Laporan Turnitin
Memformat
Judul Halaman
Kutipan
Garis besar
Memesan

Berikut adalah perbedaan utama antara pidato persuasif dan esai persuasif:

  • Hadirin. Jelas, dengan menulis pidato yang ingin Anda komunikasikan dengan audiens langsung, sementara itu, esai membahas audiens membaca.
  • Nada. Karena perbedaan audiens, nada dari dua potongan persuasif ini juga berbeda. Pidato bertujuan untuk menghasilkan efek emosional yang kuat. Untuk membuatnya, penulis sering menggunakan kamera tertentu yang penuh dengan nada kuburan, penuh harapan, atau mengangkat. Esai juga bergantung pada membangkitkan emosi; Namun, dalam hal ini, seorang penulis akan memenuhi tujuan ini dengan bantuan membuat poin yang tepat.
  • Format. Sebagian besar esai mengikuti format standar: Pendahuluan, Tubuh, dan Kesimpulan. Pidato juga umumnya mengikuti struktur yang sama. Namun, sering pidato penulis menarik kesimpulan terpisah dari setiap titik yang dibuat dalam tubuh untuk memastikan bahwa audiens berada pada halaman yang sama dengan speaker.
  • Presentasi. Pidato memberi pembicara alat yang lebih luas untuk digunakan selama presentasi. Dengan demikian, ketika menulis pidato, Anda dapat mengharapkan pembicara untuk lebih memperkuat efeknya dengan bantuan kontak mata, bahasa tubuh, intonasi, gerakan, dll. Sebaliknya, ketika menulis esai, seluruh efek yang dihasilkan Pilihan kata dan cara Anda menggunakannya.

Komponen esai persuasif

Di sini kami telah memaksakan daftar ekstensif topik esai persuasif yang baik dibagi menjadi beberapa kategori populer untuk membantu Anda memulai dengan kertas Anda.
Esai persuasif harus diorganisir dengan baik dan mengikuti struktur yang jelas dan logis. Sebagai aturan, panjang esai ini adalah antara 5-6 paragraf. Apa komponen esai persuasif? Jenis pekerjaan ini mengikuti struktur esai standar - yaitu, intro yang menarik; Tubuh utama yang mencakup ide-ide utama, dengan argumen untuk mendukung mereka; dan kesimpulan logis. Sekarang, mari kita lihat masing-masing dari tiga komponen yang lebih dekat:

  • Pengantar: Pendahuluan adalah paragraf pembuka esai. Ini adalah hal pertama yang disajikan kepada mata pembaca, itulah sebabnya harus jelas dan menarik perhatian. Untuk mendorong perhatian pembaca, perkenalan harus mengandung a Kait - Fakta, pernyataan, atau argumen yang menarik. Juga, paragraf pengantar harus mengandung pernyataan tesis yang kuat yang mencerminkan gagasan utama bahwa Anda akan memeriksa di bagian selanjutnya.
  • Tubuh: Tubuh utama esai adalah hatinya. Sebagai aturan, ini terdiri dari 3-4 paragraf. Setiap paragraf mencerminkan titik tertentu dan memberikan bukti pendukung untuk itu.
  • Kesimpulan: Bagian penutup esai Anda digunakan untuk meringkas ide-ide utama yang dibahas dalam tubuh utamanya dan menghubungkannya dengan pernyataan tesis dalam pengantar. Dalam tulisan persuasif, kesimpulannya digunakan untuk memperkuat efek persuasif dari seluruh bagian.

Topik esai persuasif.

Jadi, Anda ditugaskan untuk menulis esai persuasif, di mana Anda harus mulai? Langkah pertama dalam persiapan untuk menulis adalah pilihan suatu topik. Banyak tergantung pada langkah ini. Jika Anda berhasil memilih topik yang baik, proses penulisan akan jauh lebih sederhana dan Anda juga akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan nilai yang sangat bagus. Pada saat yang sama, jika suatu topik tidak relevan atau terlibat, itu dapat merusak segalanya.

Meskipun memiliki kebebasan memilih tampaknya hal yang baik, banyak siswa merasa agak bingung tentang topik persuasif mana yang baik. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memilih subjek yang baik, berikut adalah kriteria utama yang mendefinisikan topik persuasif yang baik:

  • Topiknya menarik. Topik yang hebat seharusnya tidak hanya menarik bagi audiens Anda, tetapi juga untuk Anda. Jika Anda menemukan sesuatu yang Anda minati, proses penulisan akan menjadi lebih menyenangkan dan kurang stres terhadap penelitian.
  • Anda memiliki pendapat tentang itu. Untuk membujuk pembaca sesuatu, Anda perlu mendefinisikan posisi Anda terlebih dahulu. Dengan demikian, sangat penting untuk memilih topik persuasif yang Anda miliki pendapat.
  • Ini kontroversial. Jelas harus ada dua sisi argumen untuk memiliki sesuatu untuk meyakinkan audiens Anda. Dengan demikian, Anda perlu memilih topik Anda dapat memeriksa kedua sisi.
  • Topik ini dapat dikelola. Akhirnya, topik persuasif yang sempurna adalah salah satunya adalah argumen yang cukup untuk disediakan. Oleh karena itu, sebelum Anda berhenti pada topik tertentu, pastikan untuk melakukan penelitian yang cukup untuk melihat apakah Anda dapat menemukan bukti pendukung yang cukup untuk ide-ide Anda.

Mengikuti tips ini, Anda dapat menghasilkan topik pidato persuasif yang brilian untuk perguruan tinggi dan sekolah dengan mudah. Butuh permintaan tambahan untuk memulai? Dalam daftar di bawah ini, kami telah memasukkan beberapa topik pidato persuasif yang paling relevan dan menarik - dibagi menjadi kategori:

Topik esai persuasif untuk anak-anak

  1. Saya harus dibiarkan tidur nanti
  2. Saya harus diizinkan memiliki hewan peliharaan
  3. Saya harus diizinkan makan permen setiap hari
  4. Anjing adalah hewan peliharaan yang lebih baik daripada kucing
  5. Superhero adalah nyata
  6. Sayuran tidak boleh dimakan secara teratur
  7. Saya harus diizinkan untuk tetap di rumah sendirian
  8. Saya harus diizinkan menonton TV sebanyak yang saya inginkan
  9. Saya harus diizinkan bermain video game sebanyak yang saya inginkan
  10. Tunjangan saya harus lebih besar

Topik esai persuasif untuk siswa sekolah dasar

  1. Sekolah harus membatalkan kode berpakaian
  2. Pekerjaan rumah harus opsional
  3. Siswa sekolah dasar harus diizinkan membawa hewan peliharaan mereka ke sekolah
  4. Siswa harus diizinkan menggunakan ponsel di sekolah
  5. Hari sekolah harus dipersingkat
  6. Mengapa istirahat sekolah harus lebih lama
  7. Semua ruang kelas harus memiliki TV
  8. Kita perlu memiliki liburan musim panas yang lebih panjang
  9. Sekolah harus memiliki waktu bermain di antara kelas
  10. Setiap ruang kelas harus memiliki hewan peliharaan

Topik esai persuasif untuk sekolah menengah

  1. Destinasi Liburan Terbaik
  2. Apakah lingkungan rumah mempengaruhi pertunjukan akademik murid?
  3. Haruskah ada hukuman yang lebih keras untuk intimidasi?
  4. Lebih sedikit pekerjaan rumah yang benar-benar ide yang bagus?
  5. Pro dan kontra dari sekolah musim panas
  6. Perjalanan lapangan harus diatur setiap minggu
  7. Dampak dari acara TV kekerasan pada populasi
  8. Peran media sosial pada kehidupan generasi muda
  9. Apakah game komputer kekerasan menyakiti anak-anak?
  10. Haruskah siswa ditahan?

Topik esai persuasif yang baik untuk sekolah menengah

  1. Pendidikan perguruan tinggi: Apakah masih suatu keharusan?
  2. Haruskah siswa mengambil celah tahun setelah sekolah menengah?
  3. Cyber Bullying adalah masalah besar di sekolah menengah
  4. Siswa harus diizinkan memakai pakaian apa pun yang mereka inginkan
  5. Sistem penilaian saat ini tidak relevan di dunia modern: nilai tidak mencerminkan pengetahuan siswa
  6. Haruskah usia pemungutan suara diturunkan?
  7. Pro kondom gratis tersedia untuk siswa
  8. Pasangan yang mengharapkan bayi harus menerima pelajaran tentang pengasuhan
  9. Pendidikan seks harus tersedia di sekolah
  10. Apakah kita perlu menurunkan usia minum?

Topik pidato persuasif untuk mahasiswa

  1. Pemeriksaan terstandarisasi harus dilarang
  2. Apakah pinjaman siswa hal yang baik atau buruk?
  3. Konsumsi obat dan alkohol di kampus: percobaan atau masalah nyata?
  4. Apakah hubungan yang dibangun di perguruan tinggi yang tahan lama?
  5. Siswa tidak boleh membawa anak-anak ke kelas kuliah
  6. Dampak negatif dari persaudaraan pada kinerja dan perilaku siswa
  7. Tahun Gap: Kapan itu ide yang bagus?
  8. Atlet perguruan tinggi harus memiliki lebih banyak manfaat dalam kehidupan akademik mereka
  9. Sebagian besar program universitas sudah usang dan tidak relevan dengan dunia modern
  10. Akomodasi di kampus harus gratis

Topik pidato persuasif yang mudah

  1. Selebriti seharusnya tidak menjadi panutan untuk remaja
  2. Obsesi dengan diet dapat menyebabkan berbagai gangguan makan dan masalah kesehatan
  3. Seragam sekolah harus wajib
  4. Persahabatan antara wanita dan pria bisa saja itu
  5. Vegetarisme bukan gaya hidup sehat
  6. Demokrasi adalah sistem pemerintah yang paling masuk akal untuk-tanggal
  7. Makanan GMO tidak berbahaya seperti yang kami yakini
  8. Film horor dapat berdampak negatif pada kesehatan mental
  9. Junk Food harus dibatasi dari menu makan siang sekolah
  10. Konsumsi alkohol tidak hanya mempengaruhi kesehatan secara negatif, tetapi juga bidang kehidupan lainnya

Ilmiah Topik esai persuasif

  1. Berinvestasi dalam eksplorasi luar angkasa memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupan di Bumi
  2. Masalah moral kloning
  3. Pro rekayasa genetika dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi dunia
  4. Perguruan tinggi harus berinvestasi lebih banyak dalam program ilmiah
  5. Bagaimana temuan ilmiah baru memengaruhi kehidupan sehari-hari kita?
  6. Apakah teknologi baru aman untuk kesehatan kita?
  7. Melakukan penelitian ilmiah pada hewan harus dilarang
  8. Ilmu di balik efek curing dari ganja medis
  9. Makanan yang dimodifikasi secara genetis: Apakah itu baik atau buruk bagi kita?
  10. Mengapa setiap orang harus belajar sains

Topik pidato persuasif yang menyenangkan

  1. Home Schooling adalah alternatif terbaik untuk sekolah reguler
  2. Siswa harus memiliki sembilan bulan liburan dan hanya tiga bulan studi
  3. Terlibat dalam olahraga adalah cara yang baik untuk mengubah hidup Anda
  4. Berbohong adalah bagian penting dari hubungan yang sehat
  5. Alien adalah nyata
  6. Menjaga jurnal adalah cara yang menyenangkan untuk mengatasi stres
  7. Kolese harus memiliki ruang medis untuk membantu siswa memerangi stres dan depresi
  8. Video Game dapat mengajarkan Anda keterampilan hidup vital
  9. Memiliki hewan peliharaan adalah cara untuk menjadi lebih bahagia
  10. Menyewa rumah lebih baik daripada membeli satu

Topik paling kontroversial.

  1. Aborsi: Pro-Life vs Pro-Choice
  2. Apakah masih ada tempat untuk profil rasial di dunia modern?
  3. Kita harus melegalkan euthanasia untuk pasien yang sakit parah
  4. Pendidikan tinggi harus gratis untuk semua orang
  5. Apakah presidensi Donald Trump buruk atau hal yang baik bagi AS dan seluruh dunia?
  6. Pasangan sesama jenis harus dapat menikah
  7. Hukuman mati: Apakah ada tempat bagi mereka di abad ke-21?
  8. Manfaat legalisasi ganja medis
  9. Dunia bisa menjadi tempat yang lebih baik tanpa agama yang terorganisir
  10. Teknologi membawa lebih banyak kerusakan daripada kebaikan

Topik esai persuasif lingkungan

  1. Undang-undang lingkungan saat ini gagal mencegah perampasan dan kehancuran habitat manusia
  2. Mengapa negara harus berinvestasi secara signifikan ke dalam program konservasi lingkungan
  3. Nyawa tanaman dan hewan terancam punah karena perambahan manusia
  4. Pemanasan global itu nyata
  5. Dunia maju adalah penyebab utama pemanasan global
  6. Metode pertanian saat ini perlu disesuaikan untuk menghentikan degradasi lingkungan
  7. Vegetarianisme memiliki dampak yang lebih disukai pada lingkungan
  8. Bahan kimia limbah dan pertanian industri adalah pencemar udara dan air terbesar
  9. Polusi di kota disebabkan oleh kelebihan populasi
  10. Kita perlu menghemat sumber daya global kita

Topik pidato dan esai persuasif tentang musik

  1. Musik adalah obat yang kuat untuk masalah psikologis
  2. Hard Rock secara negatif mempengaruhi perilaku remaja
  3. Musik dapat ditemukan di alam jika Anda mendengarkan dengan cermat
  4. Billie Eilish bukan bintang pop khas remaja
  5. Musik secara positif mempengaruhi otak manusia
  6. Musik Celtic memiliki efek menenangkan
  7. Sebagian besar musik di abad ke-21 hanyalah komersial, bukan seni
  8. Musik rap memprovokasi kekerasan
  9. Musik klasik dapat memastikan kehamilan yang lebih baik
  10. Musik membantu mahasiswa memiliki kinerja akademik yang lebih baik

Topik esai imigrasi persuasif

  1. Imigrasi ilegal adalah masalah mendesak di negara-negara kaya
  2. Orang-orang yang lahir dalam batas negara tertentu harus selalu diberikan kewarganegaraan
  3. Kebijakan mengenai imigrasi ilegal harus lebih ketat
  4. Peningkatan keamanan perbatasan harus mencegah imigrasi ilegal
  5. Kemiskinan adalah alasan utama imigrasi ilegal
  6. Sebagian besar waktu, mengirim imigran ilegal kembali ke negara mereka tidak ada gunanya
  7. Tingginya tingkat imigrasi ilegal dapat mempromosikan prostitusi
  8. Tingginya tingkat imigrasi ilegal adalah salah satu pemicu terorisme terbesar
  9. Menurunkan biaya imigrasi dapat mencegah imigrasi ilegal
  10. Pencari Refuge tidak boleh dianggap imigran ilegal

Ide bicara persuasif tentang obat-obatan

  1. Perawatan kesehatan harus gratis untuk semua orang
  2. Menemukan obat universal untuk AIDS adalah mungkin
  3. Seni bisa menjadi terapi yang kuat untuk banyak masalah kesehatan
  4. Pengobatan Alternatif: Pro dan Kontra
  5. Efek negatif dari gegar otak
  6. Apakah coronavirus sama berbahayanya dengan penggambaran media?
  7. Apakah e-rokok lebih aman daripada tembakau?
  8. Bisakah obat manfaat pencetakan 3D?
  9. Nanoteknologi dapat membantu mengobati kanker
  10. Bagaimana sel punca dapat digunakan untuk memotong tingkat kematian di antara pasien serangan jantung?

Olahraga Topik esai persuasif

  1. Anak perempuan harus didorong untuk berpartisipasi dalam olahraga sambil belajar sebanyak anak laki-laki
  2. Atlet perguruan tinggi harus dibayar
  3. Wanita harus diizinkan untuk bersaing dengan pria dalam olahraga
  4. Menampung hak-negara manfaat Olimpiade Olimpiade dalam hal dampak ekonomi dan sosialnya
  5. Cakupan atlet wanita di media masih seksis
  6. Beberapa jenis olahraga dapat mempromosikan perilaku kekerasan
  7. Kesehatan mental atlet sangat dipengaruhi oleh cedera
  8. Gangguan makan adalah masalah umum di antara atlet
  9. Perguruan tinggi dan sekolah harus ditekankan pada pendidikan jasmani
  10. Olahraga dapat memberikan efek santai dan menenangkan pada tubuh dan pikiran

Topik bicara persuasif yang baik untuk seni

  1. Peran seni dalam pengembangan dunia kita
  2. Terapi seni membantu mengobati masalah mental
  3. Siswa yang terlibat dalam seni berkinerja lebih baik secara akademis
  4. Seni digital tidak memiliki jiwa, tidak seperti seni biasa
  5. Setiap orang harus mengambil kelas seni di sekolah
  6. Apakah seni benar-benar diperlukan?
  7. Bagaimana seni anak-anak mencerminkan ketakutan batin mereka?
  8. Tujuan seni
  9. Bagaimana citra wanita dalam seni berubah selama berabad-abad?
  10. Yunani kuno adalah tempat di mana sebagian besar cabang seni lahir

Dapatkan bantuan penulisan pro dan tingkatkan nilai Anda!

Semoga panduan ini akan membantu Anda menemukan topik yang baik untuk pidato atau esai persuasif dan menulis kertas terbaik. Mencari lebih banyak saran atau bantuan penulisan profesional? Jika Anda masih tidak yakin bagaimana menangani penugasan penulisan persuasif, mintalah bantuan penulis ahli dan lupakan pertanyaan abadi: "Bagaimana cara Tulis esai saya"Mereka akan membantu Anda meringankan beban akademis Anda dan meningkatkan nilai Anda.

Memulai