Menulis esai analisis proses terdengar seperti tugas yang bermasalah untuk dilakukan, tetapi pada kenyataannya, itu hanya penugasan penulisan lainnya. Dalam artikel ini, kami Layanan penulisan esai profesional Akan menjelaskan cara menulis esai analisis proses, daftar beberapa topik esai analisis proses dan memberi Anda tips dan contoh penulisan yang bermanfaat. Tetapi hal-hal pertama pertama - mari kita mulai dengan definisi analisis proses.

Apa esai analisis proses?

Sebelum melompat ke bagian cara, mari kita jawab pertanyaan tentang apa yang dilakukan analisis proses. Analisis proses adalah esai yang menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan, bagaimana sesuatu terjadi, atau bagaimana sesuatu bekerja. Di dalam Jenis esai., penulis diminta untuk menyajikan langkah-langkah proses dalam urutan berurutan, dari yang pertama hingga yang terakhir. Semua konsep atau istilah yang mungkin tampak jarang didefinisikan.

Misalnya:
Ketika menulis esai analisis proses tentang menjadi orang yang lebih baik, Anda menghitung dan menggambarkan beberapa tindakan - dari yang kecil hingga lebih besar - seperti mengangkat harga diri orang di sekitar Anda ketika Anda masih muda, untuk menjadi pembicara motivasi ketika Anda lebih tua.

Terkadang, profesor Anda akan memberi Anda topik analisis proses. Dan kadang-kadang, Anda harus memilih topik sendiri.

Butuh bantuan dengan Anda Esai Analisis Proses?

Berikan kami persyaratan makalah Anda, pilih penulis dan kami akan mendapatkannya tepat waktu.

Tulis makalah saya untuk saya

Cara Memilih Topik Esai Analisis Proses

Bayangkan Anda perlu menggambarkan sesuatu dalam langkah-langkah: apa yang akan terjadi? Jangan terburu-buru membuat keputusan akhir dan mencoba merasionalisasi pilihan Anda dengan mengikuti rekomendasi kami:

  • Pilih topik Anda memiliki pemahaman yang baik.
  • Pilih tema yang akan melibatkan pembaca.
  • Fokuskan topik Anda pada hal tertentu.
  • Pastikan Anda dapat menjelaskan topik Anda tanpa gambar. Fokus pada kata-kata.
  • Pastikan topik ini bermanfaat dan memiliki nilai praktis.
  • Topik Anda harus relevan. Jika Anda memutuskan untuk menulis tentang menggunakan pager, kami sarankan Anda memikirkan kembali ide Anda.

Tidak apa-apa jika Anda tidak memiliki banyak topik esai analisis proses; Fokus saja pada proses penulisan dan pilih salah satu yang telah kami siapkan untuk Anda di bawah ini.

Analisis Proses Topik esai

Contoh topik esai dalam analisis proses meliputi:

  • Cara Berdoa;
  • Cara Mendapatkan Dipromosikan;
  • Cara bersiap untuk wawancara kuliah;
  • Cara Mencegah Penyakit;
  • Cara mengatur perkemahan.

Menulis analisis proses esai langkah demi langkah

Struktur esai analisis proses adalah sebagai berikut:

Struktur Esai Analisis Proses

Mari ikhtisar struktur itu dalam detail lebih lanjut:

  • Itu Bagian Pendahuluan harus menjelaskan proses yang sebenarnya dan mengapa itu relevan atau perlu. Hindari informasi yang tidak perlu seperti latar belakang, sejarah atau asal. Jika misalnya, resep membutuhkan saus tomat, pembaca harus diberi tahu demikian. Dengan kata lain, langsung menuju masalah ini dan hanya menyediakan informasi yang diperlukan.
  • Paragraf berikutnya harus menyajikan daftar semua peralatan, alat atau sumber daya yang diperlukan untuk proses tertentu. Misalnya, jika beberapa bahan tidak dapat ditemukan di daerah, jelaskan di mana Anda dapat menemukannya, atau mereka. Potensi risiko atau efek samping yang mungkin terjadi dalam proses harus dinyatakan sehingga pembaca tetap mendapat informasi. Selanjutnya, penting untuk memberi tahu pembaca tentang apa yang mungkin salah dan apa yang dapat dilakukan untuk menghindari kesalahan potensial.
  • Kemudian, Garis besar proses dalam urutan berurutan. Jika prosesnya memerlukan beberapa langkah untuk dilakukan pada tahap tertentu, ini harus dinyatakan dan dijelaskan dengan jelas, pada titik-titik yang relevan dalam urutan. Penulis harus sangat ingin menghindari kebingungan. Untuk proses yang tampak rumit, langkah-langkah harus dibagi lagi. Selain itu, penulis perlu memvariasikan penggunaan kata-kata transisi mereka seperti "setelah", "Lalu", "Selanjutnya" untuk memastikan esai tidak menjadi berulang.
  • Bagian terakhir harus menyajikan tinjauan umum seluruh proses sehingga penulis dapat memperkuat poin utama secara ringkas, tanpa detail.

Apakah Anda memerlukan bantuan dengan Anda Esai Analisis Proses?

Hitung dukungan dari penulis dan editor profesional kami.

Mendapatkan Bantuan Menulis

Garis Besar Analisis Proses

Struktur untuk jenis outline analisis analisis ini adalah sebagai berikut:

Pengantar:

  • Perkenalkan topik Anda dan jelaskan secara singkat apa yang akan dicapai prosesnya.
  • Peragakan di mana proses ini relevan atau kapan bermanfaat.
  • Sebaiknya tawarkan contoh dunia nyata dari hasil prosedur.

Tubuh utama:

  • Proses harus disajikan dalam paragraf.
  • Lakukan setiap langkah di bagiannya.
  • Transisi yang tepat harus digunakan untuk setiap langkah.
  • Menjadi deskriptif dalam presentasi Anda.

Kesimpulan:

  • Dalam kesimpulan Anda, rangkum prosedurnya. Anda tidak perlu mengulangi semua langkah individual, tetapi Anda perlu memperkuat poin dan tonggak utama.
  • Jelaskan hasil yang diharapkan.

Menulis tips.

  1. Penggunaan bahasa dan kosakata yang tepat
    Dengan baik penggunaan kosa kata dan istilah teknis seringkali dapat membuat atau mematahkan tugas. Ini berdampak pada tingkat kedalaman dan kejelasan pembaca bisa keluar darinya. Dengan demikian, jika audiens Anda dimaksudkan untuk melakukan prosedur saat membaca, langkah-langkahnya harus sederhana dan to the point.
  2. Berikan pembaca rasa arah
    Ketika memasukkan komentar dalam esai Anda yang dirancang untuk memberikan arahan, seperti "setelah itu dilakukan" atau "tunggu sampai", yang terbaik untuk melakukannya jika relevan. Cobalah untuk menghindari menyulitkan langkah-langkahnya, sambil menjaga semuanya tetap jelas dan ringkas.
  3. Gunakan perkembangan kronologis
    Misalnya, jika itu resep memasak, itu harus selalu menyertakan langkah-langkah dalam urutan berurutan, sementara juga menunjukkan berapa banyak bahan untuk ditambahkan. Informasi tambahan seperti teknik memasak dapat ditambahkan pada akhir untuk sedetail yang diperlukan.

Panduan Video: Cara Menulis Esai Analisis Proses

Contoh Esai Analisis Proses

Mengacu pada contoh dapat menghemat waktu Anda. Sampel gratis kami dapat memberikan wawasan tentang apa yang terlihat seperti esai analisis proses.